Perancangan Kampanye untuk Meningkatkan Kesadaran Mengenai Tas Belanja di JABODETABEK

Kurniadi, Jonatan (2024) Perancangan Kampanye untuk Meningkatkan Kesadaran Mengenai Tas Belanja di JABODETABEK. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (461kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Plastik telah menjadi salah satu masalah terbesar di dunia pada saat ini. Proses produksi, distribusi, pemakaian, dan pembuangannya membawa berbagai macam dampak terhadap lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan plastik, tas belanja digunakan sebagai pengganti plastik sekali pakai secara global. Namun, tas belanja ­ yang dimaksudkan untuk digunakan secara berulang ­ tidak digunakan oleh mayoritas dari 100 responden dalam survei yang dilakukan dengan purposive-sampling untuk mendapatkan wawasan mengenai persepsi, ilmu, kebiasaan, observasi, dan preferensi media masyarakat Jabodetabek berumur 18--24 tahun. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya pemakaian ulang tas belanja oleh para responden yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat mengenai dampaknya terhadap lingkungan. Kurangnya kesadaran di antara responden disebabkan oleh kurangnya media persuasi yang. Perancangan media informasi ini dilakukan untuk mengatasi masalah kesadaran masyarakat dengan menggunakan pendekatan Seven-Step Planning Process oleh Dentsu. Sebuah situs web mobile dirancang sebagai media primer dan telah melalui uji alpha dan beta. Media sekunder yang dirancang termasuk post Instagram, Story Instagram, dan stiker digital. Kampanye telah berhasil menganggulangi masalah kesadaran masyarakat di Jabodetabek.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tas belanja, Dampak lingkungan, Desain Kampanye
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:27
Last Modified: 09 Nov 2024 11:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33815

Actions (login required)

View Item View Item