Kristina, Ellen (2024) Perancangan Destination Branding Kampung Ekowisata Keranggan Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (228kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (966kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (208kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kampung Ekowisata Keranggan adalah desa wisata yang terletak di tepi Sungai Cisadane, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan. Desa ini memiliki perpaduan atraksi wisata air, kuliner dan kerajinan lokal, serta kesenian pencak silat dan tari Jaipong. Dengan identitas saat ini, masih ditemukan adanya perbedaan persepsi tempat di kalangan masyarakat yang mengenalnya sebagai kampung riset, kampung UMKM, dan bukan desa wisata. Hal ini sangat disayangkan karena Ekowisata Keranggan juga memiliki nilai budaya, edukasi, dan kearifan lokal yang layak dikembangkan. Kesadaran merek yang rendah juga terbukti melalui hasil survei kepada 100 responden berusia 12--21 tahun di sekitar Tangerang Selatan. Sebanyak 84% belum pernah mengetahui tentang Kampung Ekowisata Keranggan dan sangat sedikit yang pernah berkunjung. Minimnya media branding dan tidak ada panduan yang konsisten juga berpengaruh pada penyampaian pesan kepada calon pengunjung, yang jika dibiarkan dapat berdampak pada stagnasi identitas Ekowisata Keranggan. Oleh karena itu, perancangan destination branding dibutuhkan sebagai upaya membentuk persepsi unik Ekowisata Keranggan, agar semakin dikenal luas dan mampu bertahan di tengah persaingan pariwisata. Dalam prosesnya, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan data kuantitatif sebagai validasi. Metode perancangan Brand Identity oleh Wheeler (2018) digunakan karena memiliki tahapan yang efektif dan selaras dengan hasil perancangan yang ingin dicapai. Hasil akhir Tugas Akhir ini meliputi buku pedoman identitas yang berisi logo, elemen grafis, dan media aplikasi pendukung destinasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | branding destinasi, desa wisata, Keranggan |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 11:38 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 11:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33853 |
Actions (login required)
View Item |