Analisis Pengaruh Identitas Sosial Kewirausahaan terhadap Perilaku Kewirausahaan yang Baru Lahir yang DiMediasi oleh Efikasi Diri Kewirausahaan pada UMKM di Kabupaten Tangerang

William, Marvin (2024) Analisis Pengaruh Identitas Sosial Kewirausahaan terhadap Perilaku Kewirausahaan yang Baru Lahir yang DiMediasi oleh Efikasi Diri Kewirausahaan pada UMKM di Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (447kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (481kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (375kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (467kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (244kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

UMKM sendiri banyak berkontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) Nasional Indonesia sebesar 61,07% atau setara 8,5T yang dimana angka tersebut bukan angka yang kecil, sehingga membuktikan bahwa UMKM memiliki potensi untuk diperhatikan dalam mendorong kontribusi perekonomian. UMKM juga berhasil menyerap sebanyak 123 ribu tenaga kerja sehingga diyakini dapat mengurangi pengganguran di Indonesia. Namun masih didapati UMKM yang mengalami kegagalan dalam melakukan bisnisnya. Dugaan dari kegagalan UMKM bisa saja disebabkan oleh karena dipengaruhi oleh social identity mereka yang tergambar dari identitas darwinian, missionary, dan communitarian. Maka, tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Entrepreneurial Social Identities terhadap Nascent Entrepreneurial Behavior yang mendapat efek mediasi oleh Entrepreneurial Self-Efficacy dari para UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan PLS-SEM dan memperoleh data melalui kuesioner yang disebar kepada 186 pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Tangerang. Berdasarkan pengelolaan data, menyatakan bahwa Darwinian Identity, Missionary Identity dan Communitarian Identity memilki pengaruh positif terhadap Nascent Entrepreneurial Behavior dan Entrepreneurial Self-Efficacy serta mendapat efek mediasi oleh Entrepreneurial Self-Efficacy. Sehingga peneliti menyarankan untuk dapat memanfaatkan teknologi, bahan dan metode yang ramah lingkungan serta menambah ilmu pengetahuan terkait kewirausahaan untuk dapat dengan mudah menemukan peluang bisnis yang tentunya berdasarkan identitas sosial masing- masing dan rasa kepercayaan diri yang kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: UMKM, Darwinian Identity, Missionary Identity, Communitarian Identity, Entrepreneurial Self-Efficacy, Nascent Entrepreneurial Behavior.
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:43
Last Modified: 09 Nov 2024 11:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33878

Actions (login required)

View Item View Item