Transisi Kegiatan Live Selling Makarizo pada Masa Penutupan TikTok Shop di Tahun 2023

Kurniawan, Clarissa (2024) Transisi Kegiatan Live Selling Makarizo pada Masa Penutupan TikTok Shop di Tahun 2023. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (999kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (817kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (767kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (690kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (761kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi membuka banyak peluang baru, salah satunya dalam cara berkomunikasi, transaksi jual beli kini dilakukan secara daring. Live streaming digunakan perusahaan untuk menjual produk. Live streaming mulai berkembang dengan adanya aplikasi TikTok yang menjadi aplikasi favorit untuk melakukan live streaming. TikTok Shop sempat mengalami penutupan di bulan Oktober 2023 sehingga penjual tidak dapat berjualan melalui live streaming. Salah satu perusahaan yang sering melakukan live streaming untuk penjualan adalah Makarizo. Makarizo merupakan merek yang menjual produk perawatan rambut. Makarizo mendalami pasar TikTok dengan melakukan live streaming dan membuat konten secara rutin dengan memanfaatkan TikTok Shop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transisi dari strategi yang dilakukan Makarizo di platform TikTok sebelum, saat, dan setelah penutupan TikTok Shop. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Personal Selling, Relationship Selling, dan Content Creation. Jenis penelitian ini adalah kualitatif sifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Makarizo mengaplikasikan setiap konsep pada aktivitas live streaming sebelum, saat, dan setelah penutupan TikTok Shop. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan live selling Makarizo bertransisi dalam bagian pesan, selama penutupan TikTok Shop, konsumen diarahkan untuk melakukan pembelian ke e-commerce lain. Setelah TikTok Shop kembali dibuka, Makarizo menciptakan strategi baru yaitu live tematik. Dalam membangun relasi, Makarizo lebih mudah berelasi saat ada TikTok Shop, selama penutupan TikTok Shop komunikasi lebih renggang karena konsumen diarahkan untuk melakukan pembelian di luar TikTok. Terdapat penyesuaian juga dalam pembuatan konten Makarizo dalam call to action yang diberikan pada akhir video.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Live Streaming, TikTok Shop, Personal Selling, Relationship Selling, Content Creation
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:57
Last Modified: 09 Nov 2024 11:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33939

Actions (login required)

View Item View Item