Pengaruh Pesan Konten Video Series #PsychologyofFinance Satu Persen di YouTube terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa di Tangerang

Anggratama, Elviyani (2024) Pengaruh Pesan Konten Video Series #PsychologyofFinance Satu Persen di YouTube terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (346kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (383kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)

Abstract

Maraknya kasus pinjol atau pinjaman online menjadi salah satu masalah yang tengah dihadapi masyarakat, terutama mahasiswa, di Indonesia. Berdasarkan data SNLIK OJK 2022, terdapat peningkatan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat Indonesia yang tidak seimbang dan dapat memunculkan peluang risiko tinggi karena pada nyatanya masyarakat hanya mengerti dan mampu dalam mengakses layanan keuangan, tetapi tidak memahami fungsi dan resiko dari layanan keuangan tersebut. Melihat permasalahan tersebut, banyak sekali content creator bahkan influencer yang membuat konten edukasi mengenai literasi keuangan di media sosial, terutama di media sosial YouTube. Satu Persen adalah sebuah channel edukasi di YouTube dengan total jumlah pengikut mencapai 3.02 juta yang sangat aktif dalam membuat konten informatif dan edukatif, terutama mengenai literasi keuangan dengan series #PsychologyofFinance. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah terdapat pengaruh antara konten video series #PsychologyofFinance terhadap literasi keuangan mahasiswa di Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pendekatan kuantitatif bersifat korelasional dengan menggunakan survei kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa variabel independen (konten video) memberikan pengaruh terhadap variabel dependen (literasi keuangan) sebesar 28%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pinjol, Pinjaman online, Satu Persen, Konten Video, Literasi Keuangan, New Media Theory 1 Pengaruh Konten Video..., Elviyani Anggratama, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Nov 2024 11:59
Last Modified: 09 Nov 2024 11:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/33946

Actions (login required)

View Item View Item