Nur Azlia, Radisha (2024) Perancangan Ulang Identitas Visual pada Produk Mie Ayam Bangka Yamin Nonina. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (214kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (590kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (210kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mie Ayam Bangka Yamin Nonina merupakan bisnis kuliner kecil sejak 2018 di Ciputat, Tangerang Selatan. Bisnis tersebut menjual makanan mie ayam khas Bangka dengan kaldu ikan tenggiri berbeda dengan mie ayam pada dasrnya yang menggunakan kaldu ayam. Saat ini, usaha bisnis tersebut mengalami berbagai tantangan yang selama ini dihadapi oleh pemilik mie ayam, mulai dari banyaknya pesaingan bisnis, penempatan jualan yang tidak ideal meskipun menggunakan aplikasi Go-food tetap kurang mengangkat perhatian konsumen karena pengaruhnya saingan promosi antar jualan mie ayam dan biaya ongkir yang mahal. Dapat disimpulkan bahwa bisnis ini mengalami kekurangan identitas visual dengan menggunakan logo yang tidak konsisten karena menggunakan dua macam logo dengan warna dan font yang berbeda sehingga audience tidak mudah mengingat kepada mie ayam Nonina. Metodologi penelitian akan digunakan secara mixed methods yaitu kualitatif seperti wawancara dan kuantitatif seperti survei online. Kemudian dalam metodologi perancangan dengan menggunakan teori Wheeler (2013) dengan lima tahap perancangan yakni research, clarifying strategy, designing identity, creating touchpoint, dan managing asset. Dalam hasil perancangan pada media ini ditemani dengan tone of voice yang digunakan yaitu warmth, lively, dan compassionate dengan tagline "satu gigitan, satu kepuasan", Media utama yang dibuat adalah buku GSM atau dikenal sebagai Graphic Standard Manual yang berisi dengan informasi mengenai logo dan media kolateral. Kemudian media sekunder berfokus dengan kebutuhan penjualan mie ayam yaitu t-shirt, celemek, tote bag, bungkus sumpit, signage, packaging, sticker, dan media promosi seperti Instagram post.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Identitas, Produk, Mie Ayam Bangka |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 09 Nov 2024 12:20 |
Last Modified: | 09 Nov 2024 12:20 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34035 |
Actions (login required)
View Item |