Perbandingan Algoritma Knn, Naive Bayes, dan Support Vector Machine pada Ulasan User di E-Commerce

Dinov Adityasmara, Gregorius (2024) Perbandingan Algoritma Knn, Naive Bayes, dan Support Vector Machine pada Ulasan User di E-Commerce. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (782kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (217kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (312kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (225kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam era digital saat ini, e-commerce telah menjadi pilar utama dalam bisnis global. Teknologi e-commerce memungkinkan proses jual beli barang dan jasa melalui internet, mendorong pelaku usaha untuk mengadopsi sistem penjualan elektronik guna menjaga daya saing. Namun, perkembangan e-commerce di Indonesia juga menimbulkan masalah, seperti munculnya toko online palsu yang merugikan konsumen. Meskipun ada masalah seperti tersebut, dengan memanfaatkan analisis sentimen dapat dilihat toko yang memiliki ulasan yang bagus dan toko yang memiliki ulasan buruk. Maka dari itu diperlukan penelitian analisis sentimen ulasan user di-commerce pada platform google play.Dalam penelitian ini metode analisis data yang digunakan yaitu metode CRISP-DM. Sentimen analisis yang digunakan Dalam perbandingan ini yaitu membandingkan tiga algoritma yang ada dari tiap e-commerce. Algoritma yang dilakukan perbandingan yaitu Naïve Bayes, Support Vector Machine dan K-Nearest Neighbor. Dalam melakukan perbandingan algoritma dan pengumpulan data tools yang digunakan yaitu google collabs. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan teknik scrapping data ulasan google play store pada aplikasi shopee, bukalapak,lazada,dan Tokopedia.Berdasarkan hasil penelitian menghasilkan perbandingan algoritma antara KNN,Naïve Bayes,dan SVM dari ketiga perbandingan yang sudah dilakukan terhadap empat e-commerce di Indonesia didapatkan hasil algoritma yang paling tertinggi dan memiliki performa yang baik dengan hasil yang selalu tinggi yaitu algoritma naïve bayes dengan hasil 93% dan 91%. Shopee memiliki jumlah ulasan positif yang signifikan, menunjukkan bahwa pelanggan cenderung puas dengan produk, layanan, atau merek. Ini bisa menunjukkan bahwa Shopee berhasil memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan mereka dalam beberapa hal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Sentimen, Big Data Analisis, e-commerce
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Nov 2024 11:08
Last Modified: 10 Nov 2024 11:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34083

Actions (login required)

View Item View Item