Felicia, Ivanka (2024) Pemaknaan Hustle Culture yang Disebabkan oleh Budaya Organisasi bagi Karyawan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (629kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (773kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (623kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (856kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (621kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (586kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Pada dunia kerja yang kompetitif dan serba cepat, seorang karyawan cenderung memiliki produktivitas yang tinggi dan menganut budaya gila kerja. Budaya hustle ini merupakan budaya di anut oleh seseorang tidak pernah puas dalam pekerjaannya serta memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap dirinya sendiri. Hustle culture ini bisa dilihat dari beberapa sudut pandang. Dari sudut pandang ilmu komunikasi, fenomena ini adalah sebuah isu komunikasi internal yang berkaitan dengan budaya organisasi. Dalam konteks komunikasi internal di tempat kerja, budaya organisasi memegang peran penting dalam membentuknya hustle culture. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengalaman hustle culture oleh para karyawan yang disebabkan oleh budaya organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi interpretatif milik Smith, paradigma konstruktivis dan wawancara semi-terstruktur sebagai teknik pengumpulan data. Hasil wawancara tersebut akan dianalisis menggunakan teknik analisis data dari J. Smith (2009; 2022) . Hasil penelitian menunjukan bahwa para karyawan yang terpapar oleh budaya hustle didorong oleh budaya organisasi seperti budaya lembur, kompetitif dan fast-paced. Mereka memaknai hustle culture dengan tidak adanya batasan waktu antara bekerja dan waktu untuk diri sendiri sehingga mereka hidup hanya untuk bekerja, tetapi di sisi lain ada yang memaknai hustle culture sebagai motivasi dirinya untuk bekerja. Terjadinya hustle culture ini juga dilatarbelakangi oleh faktor internal dan faktor eksternal yang mayoritas partisipan dilatarbelakangi karena faktor uang.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | budaya organisasi, hustle culture, karyawan, komunikasi internal |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:07 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34171 |
Actions (login required)
View Item |