Perancangan Promosi Restoran Bumbu Moyang bagi Remaja Akhir Usia 18-24 Tahun

Senjaya, Ellen (2024) Perancangan Promosi Restoran Bumbu Moyang bagi Remaja Akhir Usia 18-24 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (317kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (309kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (375kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bumbu Moyang merupakan restoran yang didirikan pada tahun 2011 di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Bumbu Moyang menyajikan masakan favorit tradisional Indonesia dari Sabang sampai Merauke dengan menggunakan bumbu rempah-rempah tanpa pelezat buatan. Mengusung tema makan di rumah dengan nuansa tempo dulu, interior Bumbu Moyang dilengkapi dengan beragam koleksi antik dan vintage klasik yang menampilkan budaya dan benda keseharian pada Indonesia masa lampau. Dalam proses perancangan, penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif yang terdiri dari observasi, wawancara, kuesioner, studi eksisting, dan studi referensi. Berdasarkan wawancara dengan pemilik Bumbu Moyang, Tan Ratna Juwita, diketahui Bumbu Moyang mengalami penurunan omzet dan jumlah pengunjung sebesar 50% dari sebelum pandemi. Hingga saat ini, Bumbu Moyang mengalami kesulitan dalam membangkitkan omzetnya karena memiliki keterbatasan media promosi dan kalah bersaing dengan restoran baru. Berdasarkan hasil kuesioner, diketahui 68% responden tidak mengetahui Bumbu Moyang dan 23% belum pernah mengunjunginya meskipun mengetahui Bumbu Moyang. Apabila masalah yang dihadapi tidak segera diatasi, Bumbu Moyang dapat mengalami kebangkrutan yang juga berkaitan dengan pelestarian makanan tradisional Indonesia di tengah budaya asing dan globalisasi. Oleh karena itu, Bumbu Moyang perlu meningkatkan visibilitas unique selling point-nya melalui promosi yang efektif dengan visual yang menarik di berbagai media agar tetap bisa bersaing dengan restoran baru dan membangkitkan omzet.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Promosi, restoran, kuliner tradisional Indonesia
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:11
Last Modified: 11 Nov 2024 09:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34188

Actions (login required)

View Item View Item