Perancangan Kampanye Sosial Period Underwear bagi Remaja Wanita Umur 16-23 Tahun

Angela, Vina (2024) Perancangan Kampanye Sosial Period Underwear bagi Remaja Wanita Umur 16-23 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (633kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (613kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (244kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Umumnya wanita mengalami menstruasi pada umur 12-13 tahun. Menstruasi merupakan proses fisiologis yang terjadi secara berkala pada wanita di mana lapisan dalam rahim (endometrium) terlepas dan dikeluarkan bersamaan dengan darah melalui vagina. Pembalut sudah diperkenalkan sejak kecil kepada wanita sebagai alat sanitasi yang digunakan untuk menampung darah yang keluar saat menstruasi. Pembalut biasanya terbuat dari bahan yang lembut dan bersifat menyerap, seperti kapas atau bahan sintetis yang dirancang khusus untuk penyerapan cairan. Semakin dewasa dan semakin tinggi tingkat pendidikan, wanita seringkali mengalami kesulitan saat menstruasi. Banyaknya aktivitas mengharuskan remaja wanita untuk memilih alat sanitasi yang mendukung untuk menghindari kejadian yang tidak disegani, seperti bocor saat menstruasi. Period underwear diperkenalkan sebagai alternatif produk sanitasi yang dapat mencegah kebocoran saat menstruasi dengan sifatnya yang sustainable dan eco-friendly, karena dapat digunakan berkali-kali dan lebih ramah lingkungan. Namun, penyebaran informasi dan awareness terhadap penggunaan period underwear masih jarang ditemukan di Indonesia, sehingga ditemukan keraguan wanita terhadap penggunaan period underwear. Oleh karena itu, dilakukan perancangan kampanye sosial period underwear. Penelitian dilakukan dengan metode campuran yang terdiri dari kuesioner, wawancara, dan studi referensi. Pada proses perancangan karya, terdapat lima tahapan: Orientation, Analysis, Concept, Design, dan Implementation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Menstruasi, Period Underwear, Kampanye sosial, Sustainable
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:21
Last Modified: 11 Nov 2024 09:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34222

Actions (login required)

View Item View Item