Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Pengguna Social Commerce TikTok Shop

Celine, Krista (2024) Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada Pengguna Social Commerce TikTok Shop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Social commerce mencerminkan potensi perdagangan yang mengintegrasikan antara pembelian dengan interaksi sosial melalui media sosial yang memiliki potensi besar untuk menghasilkan penjualan yang besar. Aplikasi Tiktok hadir sebagai platform media sosial hiburan, kini dapat digunakan sebagai transaksi jual beli melalui fitur yang dinamakan Tiktok Shop. Dalam perkembangannya, Tiktok Shop perlu merancang strategi untuk menghasilkan penawaran harga yang lebih kompetitif dan meningkatkan trust bagi para penggunanya ketika berbelanja online. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan memahami atribut-atribut social commerce secara mendalam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi atribut ­ atribut social commerce dan menjelaskan niat beli dari populasi pengguna Tiktok Shop yang semakin meningkat. Metode dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan secara online menggunakan Google Forms melalui skala pengukuran likert 1-5 kepada 180 responden dan diolah menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 26. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik judgemental dan berbagai uji statistik, seperti regresi linier berganda, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, koefisien determinasi, uji F, dan uji T. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel economy, necessity, reliability, interaction, dan sales promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Hasil penelitian ini dapat memberi peluang bagi wirausahawan dalam social commerce untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan memahami alasan di balik keputusan pembelian dan kebutuhan konsumen. Selain itu, penelitian ini juga dapat membantu dalam merancang strategi-strategi yang lebih efektif dalam mengelola bisnis melalui social commerce.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Tiktok Shop, Social Commerce Attributes, Purchase Intention
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:22
Last Modified: 11 Nov 2024 09:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34226

Actions (login required)

View Item View Item