Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Sampah Organik di Pasar Tradisional Kabupaten Tangerang

Chintya, Chintya (2024) Perancangan Kampanye Sosial Pengelolaan Sampah Organik di Pasar Tradisional Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (437kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (369kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sampah organik merupakan sampah dari sisa-sisa makhluk hidup (tumbuhan, hewan, dan manusia) yang mampu terurai secara alami. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SIPSN, 2023), volume sampah di Indonesia mencapai 13.374.594,41 ton/ tahun dan didominasi oleh sampah organik. Dari jumlah tersebut, pasar tradisional merupakan sumber penghasil sampah terbesar kedua (26,37%). Tempo penguraian sampah tidak sebanding dengan arus sampah yang dihasilkan sehingga terjadi penumpukan. Hal ini diperparah oleh buruknya kebiasaan masyarakat dalam mengelola sampah organik. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk mengatasi fenomena tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan yakni metode kualitatif dengan teknik observasi, kuesioner, wawancara, studi eksisting, dan studi referensi. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa 88% responden belum melakukan pemilahan dan 96% belum melakukan pengolahan sampah organik. Berdasarkan wawancara dengan founder Rumah Edukasi Komunitas Pilah Sampah, diketahui bahwa warga pasar perlu dipersuasi untuk mengelola sampah. Penulis merancang kampanye sosial dengan metodologi perancangan menurut Landa dalam Advertising by Design (2010) yang terdiri dari tahap overview, strategy, ideas, design, production, dan implementation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: sampah organik, pengelolaan sampah, pasar tradisional
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:42
Last Modified: 11 Nov 2024 09:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34312

Actions (login required)

View Item View Item