Program Televisi Magiforse: Donor Kornea Mata dengan Topik Memahami Minimnya Calon Pendonor

Varensia, Fani (2024) Program Televisi Magiforse: Donor Kornea Mata dengan Topik Memahami Minimnya Calon Pendonor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (636kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (645kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (602kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (633kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu media massa yang digunakan masyarakat sebagai sumber informasi dan solusi permasalahan jarak, ruang, serta waktu. Berkembangnya teknologi mendorong televisi agar terus berkembang dan berinovasi melalui konvergensi media untuk dapat bersaing dengan media baru. Televisi memiliki fungsi untuk mengedukasi masyarakat dalam berbagai aspek, salah satunya kesehatan yang dipraktikkan melalui jurnalisme kesehatan. Jurnalisme kesehatan merupakan wadah penyebaran informasi kesehatan yang dapat mendorong masyarakat untuk mengetahui baik resiko atau keuntungan mengenai kesehatan. Hadirnya jurnalisme kesehatan juga menjadi referensi, jawaban, dan petunjuk bagi masyarakat akan permasalahan medis. Oleh karena itu, program Magiforse hadir dengan format feature news untuk mengedukasi masyarakat mengenai donor kornea mata yang dinilai kurang dipahami oleh masyarakat Indonesia sehingga membuat minat masyarakat untuk menjadi calon pendonor kornea mata menjadi rendah. Program televisi Magiforse hadir dengan memberikan pandangan mengenai donor kornea mata dari sisi Lembaga Lions Eye Bank, Bank Mata Indonesia, Kementrian Kesehatan, dari sisi kehidupan seorang penerima donor, dan Yayasan Mitra Netra yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor kornea mata dan mengubah persepsi salah terhadap donor kornea mata serta memberikan informasi pelatihan tunanetra dengan menyajikan narasumber yang ahli di bidangnya. Target audience dari program televisi Magiforse ialah masyarakat perkotaan dengan usia 17 tahun ke atas karena dinilai mudah mengikuti perkembangan teknologi informasi. Karya ini akan dipublikasikan melalui platform YouTube dengan durasi 60 menit.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: program televisi, feature, jurnalisme kesehatan, donor kornea mata
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:49
Last Modified: 11 Nov 2024 09:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34341

Actions (login required)

View Item View Item