Farrell, Shane (2024) Strategi Pemasaran Musik melalui Stasiun Radio untuk Menjangkau Target Audiens: Studi Kasus Acuan Entertainment. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (971kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (828kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (802kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (806kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dengan judul Strategi Komunikasi Pemasaran Musik Melalui Stasiun Radio Untuk Menjangkau Target Audiens: Studi Kasus Acuan Entertainment ini dibentuk dari pengamatan bahwa dengan adanya konvergensi media saat ini, radio masih memegang peranan penting sebagai media utama untuk memasarkan musik. Melalui hal ini, peneliti mendalami lebih jauh mengenai alasan pemilihan media serta bagaimana radio menggunakan cara-cara tertentu untuk mencapai target audiensnya. Penelitian ini dilandaskan pada konsep SOSTAC dan teori Media Exposure, serta teori pendukung seperti Stratgei Komunikasi Pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan observasi. Melalui pembahasan dengan dimensi media exposure yaitu frekuensi, durasi, dan intensitas perhatian, ditemukan bahwa terdapat faktor-faktor terkait yang bisa mempengaruhi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi proses pemasaran musik melalui radio. Frekuensi berhubungan dengan penayangan musik di radio, jumlah request, dan penggunaan radio sebagai media pemasaran yang nantinya akan berhubungan dengan proses perencanaan dan evaluasi. Durasi berhubungan dengan panjangnya waktu yang dibutuhkan untuk keseluruhan rancangan pemasaran, panjangnya waktu yang efektif digunakan untuk wawancara, dan beragam pertimbangan pemasaran lainnya. Intensitas perhatian berhubungan dengan cara-cara yang digunakan oleh label dan radio untuk menjaga perhatian audiens agar tetap tertuju pada konten yang dipasarkan. Cara-cara yang dilakukan seperti memilih radio yang tepat untuk pemasaran, mengadakan hearing session, live event, aktivasi media sosial, membagikan konten di balik layar, bekerja sama membuat konten dengan musisi, dan lain-lain. Kesimpulan yang didapatkan adalah radio dapat tetap dipilih sebagai media komunikasi pemasaran utama untuk musik karena sifatnya yang fleksibel dan penyesuaian yang dilakukan baik dari sisi label maupun radio dengan tetap menjaga kebaruan agar radio tetap relevan di tengah adanya konvergensi media.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Terpaan Media, Pemasaran, Radio |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 09:50 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 09:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34343 |
Actions (login required)
View Item |