Wijanarko, Angeline (2024) Analisis Resepsi Penggemar terhadap Penggunaan Batik Oleh Artis K-Pop. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (518kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (909kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (795kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (783kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (861kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Gelombang korea merupakan istilah yang digunakan untuk membicarakan mengenai budaya asal Korea Selatan di negara lain yang dapat meliputi makanan, drama televisi, film, musik dan produk-produk kecantikan. Indonesia pun tak luput dari penyebaran gelombang korea. Salah satu contoh fenomena ini adalah penggunaan batik oleh artis K-Pop terutama saat mereka berkunjung ke Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pandangan penggemar K-Pop di Indonesia terhadap penggunaan batik oleh idola mereka. Dengan menggunakan teori resepsi dari stuart hall, penelitian ini mengeksplorasi pandangan dari penggemar terkait idolanya yang mengenakan batik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis resepsi, yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman individu mengenai suatu kejadian. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dengan empat informan yang merupakan penggemar K-Pop yang telah mengikuti perkembangan K-Pop selama lebih dari satu tahun dan pernah melihat artis K-Pop mengenakan batik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar mengategorikan penggunaan Batik oleh sang idola dalam posisi negoisasi dimana penggemar menerima namun perlu memperhatikan batas-batas atas kebudayaan. Penggemar menyatakan penggunaan batik tersebut perlu diperhatikan jika sudah diiringi dengan gerakan-gerakan yang vulgar dan konsep-konsep yang bersifat dewasa. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang persepsi para penggemar terhadap fenomena gelombang korea dan penyebarannya dalam konteks globalisasi dan penggunaan Batik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Antarbudaya, Penggunaan Batik oleh artis K-Pop, Posisi Negoisasi. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 11:14 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 11:14 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34505 |
Actions (login required)
View Item |