Kegiatan Event Management Pestapora 2023 dalam Membangun Brand Identity di Kalangan Industri Festival Musik Indonesia

Salman Alfarizi, Braga (2024) Kegiatan Event Management Pestapora 2023 dalam Membangun Brand Identity di Kalangan Industri Festival Musik Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (984kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (905kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (186kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Indonesia memiliki berbagai bentuk dan format yang berbeda dalam menyajikan sebuah festival musik. Pada sejarahnya, festival musik Indonesia bisa hadir dan dinikmati oleh banyak pihak diawali oleh konser fenomenal yang bersejarah dari konser Summer 28. Penikmat musik tersebar di seluruh lapisan masyarakat dengan lintas generasi sehingga musik menjadi begitu berguna untuk dinikmati oleh siapa saja. Musik memiliki kemampuan untuk menyatukan para penikmatnya dalam satu wadah yang seperti melalui streaming platform hingga konser dan festival musik. Pestapora merupakan sebuah festival musik yang digarap oleh Boss Creator. Boss Creator menjadi salah satu promotor besar yang berhasil membuat festival bergengsi, dinilai dari festival musik garapannya menjadi obrolan industri festival di Indonesia, terkhusus di JABODETABEK. Pestapora adalah selebrasi terbaru dari pertunjukan musik Indonesia dengan mengajak penikmat musik untuk menikmati sebuah pengalaman yang berbeda untuk sebuah selebrasi perayaan musik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen acara yang dilakukan oleh Pestapora dalam membangun identitas merek di kalangan industri musik di Indonesia. Pada penelitian ini penulis menggunakan konsep manajemen acara Goldblatt dan identitas merek oleh Kotler & Pfoertsch. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dengan jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan Pestapora telah menjalankan manajemen acara dengan baik melalui penerapan key visual "buah" sebagai bentuk identitas Pestapora yang meninggalkan kesan di benak audiensnya. Manajemen acara yang dilakukan Pestapora memiliki konsistensi sehingga memperkuat identitas yang dibentuk sebagai festival musik Indonesia yang fresh membawakan perayaan baru setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Manajemen Acara, Identitas Merek, Pestapora
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Nov 2024 11:18
Last Modified: 11 Nov 2024 11:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34522

Actions (login required)

View Item View Item