Strategi Media Sosial Objek Wisata Tumpeng Menoreh dalam Menarik Minat Pengunjung

Permata Dewi Winarto, Intan (2024) Strategi Media Sosial Objek Wisata Tumpeng Menoreh dalam Menarik Minat Pengunjung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (650kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (463kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (489kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (289kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (174kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pesatnya pariwisata khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami peningkatan di berbagai daerah, salah satunya daerah Kulon Progo yang memiliki objek wisata di puncak perbukitan menoreh dengan nama Tumpeng Menoreh. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui strategi media sosial objek wisata Tumpeng Menoreh dalam menarik minat pengunjung. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi media sosial yang dianalisis menggunakan konsep Quesenberry (2019) yaitu SMART Objective dan SWOT Analysis, serta konsep Karyanto (2019) yaitu upaya meningkatkan pariwisata dengan pendekatan 3A yaitu aksesbilitas, amenitas, dan atraksi. Penelitian ini merupakan penelitaan kualitatif deskriptif dengan pendekatan metode studi kasus. Data yang didapat dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam semi terstruktur yang kemudian diuji dengan validitas internal dengan metode pattern matching. Hasil penelitian yang sudah dilakukan, terdapat kekurangan dari konsep yang diterapkan pada penelitian. Tumpeng Menoreh belum menggunakan konsep sepenuhnya pada Instagram @tumpengmenoreh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kekuatan media sosial Instagram @tumpengmenoreh sangat berpengaruh pada minat pengunjung Tumpeng Menoreh khususnya bagi masyarakat luar Jawa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Media Sosial, Wisata Yogyakarta, Minat Pengunjung, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:07
Last Modified: 12 Nov 2024 11:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34585

Actions (login required)

View Item View Item