Salim, Yopi (2024) Pengaruh Perceived Access to Finance, Entrepreneurial Self-Efficacy, Attitude toward Entrepreneurship dan Entrepreneurial Ability terhadap Entrepreneurial Intention pada Gen Z di Tangerang Raya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (994kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (379kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan populasi masyarakat yang tinggi atau bisa dikatakan adanya bonus demografi, dominasi penduduk di Indonesia merupakan kalangan Generasi Z dengan rentang usia 15 26 tahun, di usia produktif ini masyarakat kelompok Gen Z merupakan kunci kesuksesan negara untuk mencapai negara maju tahun 2045, namun dengan tingkat usia produktif yang tinggi masyarakat indonesia memiliki pengetahuan, kemampuan dan pendidikan yang masih tergolong rendah, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum mendapatkan literasi ekonomi dan literasi kewirausahaan yang baik. Permasalahan sosial mengakibatkan timbulnya dampak negatif di Indonesia seperti pengangguran, kemiskinan dan kejahatan yang masih merajalela di negara berkembang ini, untuk dapat mengatasi permasalahan sosial tersebut, maka dari itu harus adanya dukungan dari pemerintah ataupun non-pemerintah dalam mengadakan program entrepreneurship dalam upaya meningkatkan rasio kewirausahaan untuk menjadi negara maju dan mengatasi problematik sosial. Fenomena tersebut dilihat dari perceived access to finance, entrepreneurial self-efficacy, attitude toward entrepreneurship, entrepreneurial ability dan entrepreneurial intention. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi intensitas berwirausaha pada seseorang yang berumur 18 26 tahun yang termasuk Generasi Z di wilayah Tangerang Raya, yang belum pernah atau ingin menjalankan bisnis atau usaha. Peneltian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuisioner secara online menggunakan G-Form dengan metode non-probability dan teknik penilaian judgemental sampling serta menggunakan metode PLS-SEM dalam mengolah data main-test. Total sampling yang digunakan yaitu 125 responden yang lolos screnning dan diolah menggunakan software SmartPLS 3. Selanjutnya dilakukan pengujian pre-test menguji validity dan reliability serta main-test menguji outer model dan inner model. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel perceived access to finance berpengaruh positif terhadap entrepreneurial ability, entrepreneurial self-efficacy berpengaruh positif terhadap entrepreneurial ability, attitude toward entrepreneurship berpengaruh positif terhadap entrepreneurial ability dan entrepreneurial ability berpengaruh positif terhadap entrepreneurial intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Attitude Toward Entrepreneurship, Entrepreneurial Ability, Entrepreneurial Intention, Entrepreneurial Self-Efficacy, Perceived Access to Finance, Gen Z. |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:16 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34622 |
Actions (login required)
View Item |