Cecilia, Cecilia (2024) Perancangan Ulang Identitas Visual Bisnis Kuliner Mie Lokut Asal Pangkal Pinang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (136kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (49MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (106kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (766kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tugas akhir ini berpusat pada perancangan ulang identitas merek Mie Lokut yang merupakan bisnis kuliner daerah dengan potensi daya tarik wisata kuliner (culinary tourism) untuk kota Pangkal Pinang dengan menggunakan acuan teori 5 tahapan perancangan identitas visual merek oleh Alina Wheeler. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil wawancara menunjukkan adanya hambatan dalam aspek identifikasi dan asosiasi merek yang berdampak pada penurunan minat beli konsumen potensial, kehilangan konsumen loyal, kegagalan mempertahankan cabang bisnis, hingga menghambat upaya perluasan merek. Terdapat dua sampel responden yang digunakan untuk mengvaluasi hasil perancangan ulang identitas visual Mie Lokut yang terdiri dari konsumen loyal usia 27 hingga 44 tahun keatas asal Kepulauan Bangka Belitung dan konsumen potensial usia 21 hingga 26 tahun asal Indonesia. Penulis menggunakan konsep kepribadian merek yang antusias, tulus, dan gigih serta ide besar "memberikan pengalaman rasa lokal melalui masakan khas Bangka dari semangkuk kesederhanaan yang autentik" pada desain, dan menetapkan panduan penggunaan identitas visual. Digunakan 5 indikator utama standar visual sebuah logo berdasarkan teori Landa (2018), yang terdiri dari kemudahan dalam mengingat, kesan unik dan menonjol, daya tarik, representasi citra merek, dan relevansi dengan zaman pada tahap pengujian hasil perancangan identitas visual Mie Lokut kepada konsumen loyal dan potensial. Berdasarkan hasil olah data pengujian, disimpulkan bahwa perancangan ulang identitas visual Mie Lokut telah efektif dalam memperkuat citra lokal dan mampu meningkatkan kredibilitas merek dengan penempatan identitas yang konsisten pada berbagai media kolateral sehingga mendukung faktor identifikasi dan asosiasi merek, berkaitan dengan pengaruh positif pada ekuitas merek.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | identitas, kuliner, merek, mie lokut, perancangan |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:38 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:38 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34702 |
Actions (login required)
View Item |