Perancangan Identitas Visual untuk Borobudur Ecocultural

Abigail, Thirza (2024) Perancangan Identitas Visual untuk Borobudur Ecocultural. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (524kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (193kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (936kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (700kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (186kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Indonesia, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, kaya akan sejarah, budaya, dan alam yang beragam. Kekayaan alamnya menjadi daya tarik utama sebagai destinasi wisata. Dengan perkembangan pariwisata di Pulau Jawa, kawasan Borobudur menonjol sebagai destinasi menarik. Borobudur memiliki potensi menjadi kawasan ekowisata, mengutamakan pembelajaran lingkungan. Salah satu destinasi wisata di daerah Borobudur adalah Borobudur Ecocultural yang terbentuk dalam PT. Culture Adventure Nature. Borobudur Ecocultural adalah pengembangan community based tourism dengan mengangkat potensi unggulan yang dimiliki oleh desa wisata di Borobudur dengan menggunakan konsep special interest tourism yang mengutamakan sustainability. Kegiatan yang ditawarkan oleh mereka berupa hiking dan camping pada area desa wisata di daerah Borobudur. Desa Giritengah, Giripurno, dan Ngadiarjo menjadi fokus utama pengembangan ini. Meskipun potensinya besar, Borobudur Ecocultural belum memiliki identitas yang memadai. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang keberadaannya membuatnya kalah populer dibanding destinasi lain di Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, perancangan identitas visual menjadi langkah kunci. Identitas ini harus mencerminkan nilai-nilai budaya, keberlanjutan, dan pengalaman unik wisatawan. Dengan identitas yang kuat, Borobudur Ecocultural dapat meningkatkan brand awareness, daya tarik destinasi, dan mendukung pertumbuhan sektor pariwisata budaya di Indonesia, khususnya di era perkembangan zaman ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Branding, Identitas Visual, Wisata, Borobudur Ecocultural
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:42
Last Modified: 12 Nov 2024 11:42
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34716

Actions (login required)

View Item View Item