Strategi Manajemen Kesan Prabowo-Gibran di Instagram Selama Masa Kampanye Pemilu 2024

Godeliv, Stephanie (2024) Strategi Manajemen Kesan Prabowo-Gibran di Instagram Selama Masa Kampanye Pemilu 2024. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (940kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (270kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (450kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (58kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemilu merupakan ajang pertandingan politik di mana para kandidat yang mencalonkan diri berkompetisi dalam menarik dukungan rakyat. Media sosial Instagram menjadi salah satu platform yang digunakan kandidat politik untuk berkampanye dan mengelola kesan positif menjelang Pemilu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi manajemen kesan akun kampanye Prabowo-Gibran di Instagram (@prabowo,gibran2), sebagai salah satu pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang maju dalam Pilpres 2024. Strategi manajemen kesan Jones & Pittman (1982) yang terdiri dari Ingratiation, Intimidation, Self-Promotion, Exemplification, dan Supplication digunakan untuk mengidentifikasi strategi manajemen yang digunakan Prabowo-Gibran. Metode analisis isi kuantitatif lakukan pada konten Instagram @prabowo.gibran2 selama masa kampanye Pemilu 2024. Hasil coding menunjukkan strategi Ingratiation paling dominan digunakan oleh Prabowo-Gibran, yaitu dengan menampilkan kepribadian yang menyenangkan agar disukai orang lain. Kemudian Self- Promotion dan Exemplification juga digunakan, namun frekuensinya lebih kecil. Sementara Intimidation dan Supplication sangat jarang digunakan karena memancarkan kesan negatif sehingga tidak sesuai dengan tujuan kampanye yang ingin membangun kesan positif kandidat menjelang Pemilu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Manajemen Kesan, Instagram, Kampanye Pemilu
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:07
Last Modified: 12 Nov 2024 12:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34827

Actions (login required)

View Item View Item