Emily, Natasha (2024) Strategi Komunikasi Book Clan Jakarta dalam Meningkatkan Minat Baca Buku Masyarakat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (476kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (549kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (362kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (340kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (375kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
Abstract
Sejak kehadiran teknologi dan media modern, kebiasaan membaca buku sudah mulai ditinggalkan. Saat ini, tingkat literasi dan minat baca masyarakat Indonesia masih dinilai kurang memuaskan. Akan tetapi, di Indonesia sudah banyak terdapat komunitas baca buku yang tersebar di berbagai kota. Penelitian ini dirancang untuk menemukan bentuk strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas Book Clan Jakarta dalam upaya meningkatkan minat baca buku. Untuk menemukan strategi komunikasi yang digunakan untuk meningkatkan minat baca buku, maka penelitian ini menggunakan teori komunikasi, komunikasi media sosial, minat baca, dan sembilan tahap kampanye public relations oleh Smith. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan paradigma post-positivisme, dan metode penelitian studi kasus menurut Robert K. Yin. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tidak terstruktur dengan tiga informan dari Book Clan Jakarta. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga kelompok strategi yang digunakan oleh Book Clan Jakarta yaitu melalui pemanfaatan beberapa media sosial, penyelenggaraan berbagai macam kegiatan, dan juga melalui kerjasama. Dapat disimpulkan bahwa media komunikasi, kegiatan, dan kerjasama yang tepat diperlukan untuk menjangkau audiens yang tidak terbiasa membaca buku, serta mempertahankan peserta yang sudah memiliki ketertarikan dalam membaca buku.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Literasi, Komunitas Buku, Komunitas Baca |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 12:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 12:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34834 |
Actions (login required)
View Item |