Pemasaran Musik Era Digital (Studi Kasus pada Grup Musik "DREAM.BYRDS")

Dhuha Danian, Keane (2024) Pemasaran Musik Era Digital (Studi Kasus pada Grup Musik "DREAM.BYRDS"). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (717kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (601kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (555kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (558kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan dalam hal pemasaran saat ini sudah memasuki era digital di dalam berbagai bidang industri baik di luar negeri maupun di Indonesia. Termasuk dengan industri musik baik yang menggunakan major label ataupun jalur independen. Salah satu grup musik independen yang berusaha memanfaatkan pemasaran digital pada saat ini adalah DREAM.BYRDS. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang bagiamana grup musik independen memanfaatkan pemasaran digital untuk melakukan kegiatan promosi terhadap karya musiknya. Penelitian ini mengacu kepada konsep Digital Marketing dari Dave Chaffey (2019) dan kerangka kerja SOSTAC dari Chaffey & Smith (2016). Penelitian ini bersifat kualitatif Deskriptif dengan metode studi kasus Robert K. Yin menggunakan paradigma post-positivistik. Pengumpulan data akan menggunakan metode wawancara dengan pihak yang secara aktif dalam proses pemasaran digital dari DREAM.BYRDS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital yang dilakukan oleh DREAM.BYRDS dengan menggunakan dengan memanfaatkan media sosial dan juga media digital yang digunakan membantu pihak DREAM.BYRDS dalam memasarkan karya musiknya menjadi lebih mudah dan luas cakupannya. Namun di dalam praktik pemasaran digital yang sudah dilakukan ditemukan beberapa hal yang masih harus dimaksimalkan oleh DREAM.BYRDS. Sejalan dengan dilakukannya pemasaran digital oleh DREAM.BYRDS, taktik pemasaran tradisional seperti menyebarkan brosur dan lainnya tidak ditinggalkan. Sehingga dalam praktiknya, DREAM.BYRDS menggabungkan pemasaran digital dan juga taktik pemasaran tradisional. Sehingga hal tersebut juga menjadi sebuah strategi promosi yang tidak hanya cakupannya luas, tetapi juga menjadikan DREAM.BYRDS lebih dekat dengan para pendengarnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Industri Musik Independen, Kerangka Kerja SOSTAC, Strategi Digital Marketing
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:11
Last Modified: 12 Nov 2024 12:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34840

Actions (login required)

View Item View Item