Perancangan Buku Aktivitas Multisensorik untuk Anak Disleksia Usia 6-8 Tahun

Flodiasty Yulistianto, Theresia (2024) Perancangan Buku Aktivitas Multisensorik untuk Anak Disleksia Usia 6-8 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (396kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (383kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (339kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Membaca merupakan hal yang penting guna melakukan proses komunikasi dan menyampaikan pengetahuan. Namun, pada kenyataannya terdapat anak- anak yang mengalami kesulitan membaca. Gangguan belajar itu disebut dengan disleksia, yaitu kondisi sistem saraf anak mengalami masalah dalam membaca. Apabila penderita disleksia tidak segera diberikan intervensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan anak, akan mempengaruhi aspek akademis dan sosial anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh data bahwa terdapat metode belajar multisensorik yang efektif untuk belajar anak disleksia, tetapi belum diterapkan karena keterbatasan sarana media. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sebuah buku aktivitas dengan metode belajar multisensorik bagi anak disleksia usia 6-8 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mixed methods, yaitu kuantitatif dan kualitatif. Metode perancangan yang mendasari proses desain penulis adalah book design oleh Andrew Haslam yang terdiri atas tahap documentation, analysis, expression, concept, dan eksekusi. Setelah dilakukan seluruh rangkaian penelitian, penulis memperoleh hasil berupa dirancangnya buku aktivitas multisensorik sebab buku merupakan media yang umum digunakan oleh mayoritas dari orang tua untuk anak disleksia serta mampu memuat tahapan belajar membaca dari yang paling umum secara praktis dengan menstimulasi visual, auditoris, kinestetik, dan taktil anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Perancangan Buku Aktivitas, Multisensorik, Disleksia
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:24
Last Modified: 12 Nov 2024 12:24
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34890

Actions (login required)

View Item View Item