Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa ADHD dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Madania Bogor

Ayu Shafannisa Azfianti, Nyi (2023) Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa ADHD dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Madania Bogor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (993kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (693kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (638kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (614kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (617kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Anak ADHD cenderung sulit untuk dapat membuka diri pada orang lain serta sulit beradaptasi pada sekolah reguler. Pendidikan inklusif sudah tersedia di beberapa sekolah reguler seperti SD, SMP, dan SMA sederajat untuk siswa berkebutuhan khusus fisik dan mental dapat menerima pendidikan yang layak. Proses pembelajaran di Sekolah Luar Biasa dan Sekolah reguler tentu berbeda dari mulai pemberian pembelajaran, komunikasi guru dengan siswa, hingga lingkungan sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengarahkan sikap keterbukaan diri siswa ADHD melalui komunikasi di Sekolah Madania Bogor. Pada penelitian ini menggunakan jenis dan sifat penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Konsep dan teori yang digunakan adalah self- disclosure, komunikasi interpersonal, dan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Data yang diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru SEN-U dapat mengarahkan sikap keterbukaan diri siswa ADHD melalui komunikasi interpersonal. Serta, telah mengimplementasikan kompetensi dalam komunikasi interpersonal dengan baik serta berbagai upaya preventif dan kuratif dilakukan ketika menghadapi hambatan ketika komunikasi interpersonal berlangsung.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: ADHD, Guru, Self-disclosure
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:14
Last Modified: 24 Nov 2024 11:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35073

Actions (login required)

View Item View Item