Pengaruh Experience, Empathy, Moral Obligations, Self-Efficacy, dan Perceived Social Support terhadap Social Entrepreneurship Intentions in Generation pada Generasi Z di Jakarta

Steven Gochi Zagoto, Vincentius (2024) Pengaruh Experience, Empathy, Moral Obligations, Self-Efficacy, dan Perceived Social Support terhadap Social Entrepreneurship Intentions in Generation pada Generasi Z di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (311kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (486kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (363kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (374kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (140kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini perekonomian Indonesia adalah salah satu negara dengan pendudukan terbanyak didunia sebanyak 275,77 jiwa yang dimana kependudukan di Indonesia akan terus bertambah. Akan tetapi bertambahnya pendudukan jika tidak diimbangi dengan kesejahteraan para rakyatnya maka akan menyebabkan masalah sosial yaitu pengangguran yang dimana angkatan kerja lebih sedikit jika dibandingkan dengan masyarakat yang belum mendapatkan status pekerjaan. Jika hal ini terus berlanjut, maka akan menyebabkan dampak dari pengangguran itu sendiri yaitu kesenjangan sosial atau ketimpangan sosial. Menurut World Inequality Report, masalah kesenjangan ekonomi di Indonesia tidak mengalami peruabahan secara signifikan dimana sebanyak populasi negara Indonesia sebanyak 50% hanya memiliki kurang dari 5% kekayaan rumah tangga nasional, hal yang berbeda dengan 10% populasi penduduk Indonesia yang memiliki kekayaan rumah tangga yang mencapai 60%. Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ketimpangan ekonomi terbesar adalah Jakarta yang mencapai rasio gini 0,412 poin. Tentunya ini akan akan berdampak dari ketimpangan sosial itu sendiri seperti salah satunya meningkatnya angka kriminalitas. Oleh karena itu, dari masalah-masalah pengangguran yang akhirnya menjadi masalah sosial, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat atau dorongan bagi generasi z mengenai Social Entrepreneurship Intention dalam upaya mengurangi angka pengangguran dan mengatasi masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat dengan salah satunya yaitu memberikan pekerjaan yang dapat berdampak kepada masyarakat. Dalam melakukan penelitian ini, penulis membuat kuesioner dan mengirim kuesioner tersebut hingga terkumpul sebanyak 129 responden, yang dimana kemudian data tersebut diolah dalam aplikasi software IBM SPSS Statictics 2023 dan juga aplikasi software SmartPLS Version 4. Pada penelitian yang dilakukan oleh penulis juga menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif antara Experience terhadap Moral Obligation, Experience terhadap Perceived Social Support, Experience terhadap Social Entrepreneurship Intentions, Moral Obligation berpengaruh Social Entrepreneurship Intentions, dan Perceived Social Support terhadap Social Entrepreneurship Intentions. Kemudian juga selain hasil positif, terdapat juga hasil negatif dari penelitian yang dilakukan oleh penulis sebanyak 4 hipotesis, yaitu Empathy terhadap Social Entrepreneurship Intention, Experience terhadap Empathy, Experience terhadap Self-Efficacy, dan Self-Efficacy terhadap Social Entrepreneurhsip Intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Experience, Empathy, Moral Obligations, Self-Efficacy, Perceived Social Support, Social Entrepreneurship Intention
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:16
Last Modified: 24 Nov 2024 11:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35080

Actions (login required)

View Item View Item