Implementasi Live Streaming Commerce sebagai Media Komunikasi (Studi Kasus: Social Bread)

Dinansyah, Fakhriy (2024) Implementasi Live Streaming Commerce sebagai Media Komunikasi (Studi Kasus: Social Bread). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (924kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (471kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (198kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (141kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (340kB)

Abstract

Live streaming commerce menjadi sarana promosi teraktual yang menghubungkan penjual dengan pembeli. Fenomena ini dimanfaatkan oleh Social Bread sebagai lembaga yang menyediakan jasa bagi bisnis, khususnya UMKM, untuk mengoptimasi penjualan produknya melalui metode live stream commerce. Social Bread menjadi media yang menjembatani proses jual-beli tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini tertarik untuk mencari tahu mengapa Social Bread menjadi lembaga mediatisasi dan bagaimana proses live streaming commerce diimplementasikan sebagai media komunikasi yang menyampaikan pesan kepada audiens. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif studi kasus melalui teknik wawancara kepada CEO, VP Operations, dan Streamer dari Social Bread. Hasilnya, Live streaming commerce merupakan sebuah aktivitas yang menghubungkan penjual atau bisnis dan audiens atau pembeli. Pada praktiknya, aktivitas ini juga mengimplementasikan proses komunikasi Komunikator ­ Medium ­ Komunikan, yakni bisnis yang diwakili oleh Streamer sebagai Komunikator, platform belanja daring dengan fitur live streaming yang dimediasi oleh Social Bread sebagai medium, dan audiens sebagai Komunikan. Ikatan relasional dengan Streamer menjadi prediktor penting respons kognitif dan perilaku konsumen terhadap belanja live streaming. Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil yang diprediksi: meningkatkan penjualan dari live streaming. Respons kognitif konsumen yang sebelumnya menjadi audiens direkam dan dibuat laporannya untuk dipresentasikan kepada klien sebagai bahan evaluasi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: e-commerce, komunikasi pemasaran, live shopping, live stream commerce, mediatisasi
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:01
Last Modified: 25 Nov 2024 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35128

Actions (login required)

View Item View Item