Violentika Halim, Laurin (2024) Strategi Negosiasi Identitas dan Kompetensi Budaya Pengajar Asing di Ruang Kelas Multikultural pada SMA Springfield. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (439kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (281kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (431kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (275kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (196kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (32kB) |
Abstract
Globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor pendidikan, memfasilitasi pertukaran budaya, pengetahuan, dan pengalaman lintas negara. Pengajar dengan kewarganegaraan asing seringkali bermigrasi untuk mengajar dalam konteks budaya yang berbeda. Proses negosiasi identitas dan pengembangan kompetensi budaya menjadi esensial bagi pengajar asing untuk dapat diterima dan mengajar secara efektif. Dengan mengadopsi teori negosiasi identitas dari Ting- Toomey dan konsep kompetensi budaya dari Samovar, penelitian ini mengkaji strategi tenaga pengajar asing dalam menegosiasikan identitas di SMA Springfield dan peran kompetensi budaya dalam proses negosiasi identitas. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan lima partisipan. Temuan penelitian menunjukkan pengajar asing melakukan negosiasi identitas untuk memperoleh rasa aman dan diterima dilingkungan budaya baru. Bentuk negosiasi identitas tenaga pengajar asing berupa identitas peran profesional dan identitas etnik.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Negosiasi identitas, Kompetensi budaya, Identitas etnik, Identitas peran profesional, Ruang kelas multikultural |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:08 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35152 |
Actions (login required)
View Item |