Pengaruh Environmental Consciousness, Environmental Concern, Perceived Value, Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Melalui Mediasi Product Trust: Studi Industri Prouduk Daur Ulang di Provinsi Banten

Nisaa Syauqi Ul Jannah, An (2024) Pengaruh Environmental Consciousness, Environmental Concern, Perceived Value, Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Melalui Mediasi Product Trust: Studi Industri Prouduk Daur Ulang di Provinsi Banten. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (835kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (330kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (503kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (244kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (431kB)

Abstract

Masalah sampah memerlukan pendekatan multidimensional, terutama pada pengolahan dan pemilahan dari sumbernya, sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals untuk mencapai zero waste di masa akan datang. Program bank sampah telah diperkenalkan untuk mendukung pengurangan sampah dan ekonomi sirkuler, namun minat masyarakat terhadap produk daur ulang masih rendah. Provinsi Banten, yang termasuk dalam lima provinsi dengan tonase sampah tertinggi di Indonesia pada tahun 2022, menunjukkan minat hanya sebesar 19,3%. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat beli masyarakat terhadap produk daur ulang, dengan kepercayaan produk sebagai variabel mediasi. Melalui kuesioner online dan analisis data dengan SEM PLS, melibatkan 158 responden di Provinsi Banten, ditemukan bahwa kesadaran lingkungan, kepedulian lingkungan, nilai yang dirasakan, dan risiko yang dirasakan secara signifikan memengaruhi niat beli produk daur ulang. Selain itu, faktor-faktor tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan produk. Analisis mediasi menunjukkan bahwa kepercayaan produk mampu memediasi hubungan antara kesadaran lingkungan dan kepedulian lingkungan dengan niat beli, namun belum optimal dalam memediasi dampak nilai yang dirasakan dan risiko yang dirasakan. Rekomendasi yang dapat dilakukan bagi penggiat lingkungan di Provinsi Banten adalah meningkatkan kredibilitas dan kejelasan informasi mengenai produk daur ulang, serta memastikan kebersihan dan keamanan produk tersebut untuk meningkatkan niat beli masyarakat secara langsung dan mendukung ekonomi sirkuler di Provinsi Banten.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Environmental Consciousness, Environmental Concern, Perceived Value, Perceived Risk, Product Trust, Purchase Intention, SEM PLS.
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:12
Last Modified: 25 Nov 2024 11:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35166

Actions (login required)

View Item View Item