Laporan Kerja Magang Jurnalis dan Asisten Pengajar Pelatihan Siniar di Yayasan Mitra Netra

Hana Mumtaza, Athaya (2025) Laporan Kerja Magang Jurnalis dan Asisten Pengajar Pelatihan Siniar di Yayasan Mitra Netra. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (582kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (834kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia yang merupakan disabilitas netra, menurut Australia-Indonesia Disability Research and Advocacy Network (AIDRAN) 2023, adalah sekitar empat juta orang atau 1,5% dari total penduduk. Namun, sangat sedikit dari populasi tersebut yang memiliki pekerjaan formal. Total keseluruhan penyandang disabilitas (termasuk disabilitas selain tunanetra) di Indonesia yang memiliki pekerjaan formal hanya sekitar 1%. Hal ini menunjukkan masih kurangnya pemahaman dan kepercayaan masyarakat tentang potensi dan kemampuan disabilitas, khususnya tunanetra. Oleh karena permasalahan ini, penulis memilih untuk magang di Yayasan Mitra Netra dalam program pengabdian kepada masyarakat (PKM). PKM yang diikuti penulis adalah pelatihan pembuatan siniar audio untuk tunanetra. Selama magang, tugas penulis adalah menjadi asisten pengajar yang membuat modul pelatihan dan mendampingi peserta saat pelatihan. Selain itu, penulis juga bertugas menjadi jurnalis untuk meliput kegiatan dan membuat produk jurnalistik berupa artikel feature serta video seputar tunanetra. Perbedaan cara berkomunikasi menjadi kendala utama penulis selama magang. Perbedaan sudut pandang tentang topik liputan juga menjadi kendala saat penulis ingin membuat produk jurnalistik terkait tunenetra. Namun, permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan proses belajar dan beradaptasi dengan kelompok tunanetra. Dengan demikian, penulis menyadari pentingnya belajar cara berkomunikasi dengan penyandang disabilitas dan cara meliput kelompok disabilitas.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: audio storytelling, jurnalisme inklusif, tunanetra
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jan 2025 12:55
Last Modified: 23 Jan 2025 12:55
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35802

Actions (login required)

View Item View Item