Strategi Social Media Marketing dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat Kota Bogor melalui Akun Instagram @Pemkotbogor (Studi Kasus Pelebaran Jembatan Otista)

Kessik, Kevin (2025) Strategi Social Media Marketing dalam Meningkatkan Awareness Masyarakat Kota Bogor melalui Akun Instagram @Pemkotbogor (Studi Kasus Pelebaran Jembatan Otista). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (926kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (590kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (220kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (129kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (117kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi social media marketing yang dilakukan oleh akun Instagram resmi Pemerintah Kota Bogor (@pemkotbogor) dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap program pelebaran Jembatan Otista. Menggunakan teori Social media marketing, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana perencanaan konten yang terstruktur, penyusunan jadwal yang baik, dan pelaksanaan yang konsisten mampu membangun kesadaran masyarakat melalui dimensi Brand recall dan Brand recognition. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, berdasarkan wawancara mendalam dan analisis konten unggahan Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pemkot Bogor mencakup pemanfaatan fitur Instagram seperti reels, feed, story, dan live, penyampaian konten yang edukatif dan informatif, serta komunikasi interaktif yang melibatkan masyarakat. Pendekatan ini mampu menarik perhatian publik dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap proyek ini. Strategi ini membuktikan bahwa social media adalah alat komunikasi yang efektif bagi pemerintah untuk menjangkau masyarakat secara luas dan memberikan kontribusi praktis bagi pengembangan strategi komunikasi digital di sektor pemerintahan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand awareness, Instagram, Social media marketing
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Feb 2025 11:06
Last Modified: 01 Feb 2025 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36253

Actions (login required)

View Item View Item