Pengaruh Content Marketing @dnvb.id terhadap Minat Beli Webinar

Sugiharto, Roberto (2025) Pengaruh Content Marketing @dnvb.id terhadap Minat Beli Webinar. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (734kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (356kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (357kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial, dengan perannya sebagai medium atau perantara yang kini dimanfaatkan oleh perusahaan atau brand. Dalam pelaksanaannya, media sosial memerlukan content, yang kini berkembang menjadi sebuah strategi marketing bagi brand atau perusahaan untuk menonjolkan dirinya yang dikenal sebagai content marketing. Penelitian dengan teori social judgement dan konsep content marketing serta minat beli ini dilakukan guna mengetahui apakah strategi content marketing yang dijalankan oleh @dnvb.id berpengaruh terhadap minat beli kelas webinar. Penelitian yang dijalankan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei daring, menyebarkan kuisioner ke 200 responden yang merupakan pengikut dari Instagram @dnvb.id dan pernah melihat konten dari @dnvb.id. Hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji hipotesis, uji regresi linear sederhana. Dari hasil pengujian, ditemukan nilai signifikansi penelitian lebih kecil dari 0,05 yang artinya H0 ditolak dan dapat ditarik kesimpulan bahwa antar variabel penelitian memiliki pengaruh. Selain itu, besaran pengaruh yang dihasilkan dari content marketing terhadap minat beli sebesar 45,3%, yang 54,7% nya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel X. Penelitian ini juga melakukan uji regresi linear yang menghasilkan nominal R sebesar 0,673 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan kuat di antara variabel yang diteliti.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Content Marketing, Instagram, Minat Beli
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Feb 2025 11:08
Last Modified: 01 Feb 2025 11:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36263

Actions (login required)

View Item View Item