Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z kepada Produk yang Terafiliasi Israel (Studi Kasus pada Mahasiswa UMN)

Lucecita, Pascalia (2025) Konstruksi Sosial Konsumen Generasi Z kepada Produk yang Terafiliasi Israel (Studi Kasus pada Mahasiswa UMN). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (744kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (545kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (423kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lahirnya gerakan BDS Movement yang dipicu oleh sentimen masyarakat akibat konflik yang terjadi di kawasan Timur Tengah antara Israel dengan Palestina. BDS Movement sendiri dicetuskan pada tahun 2005 oleh masyarakat sipil untuk melakukan boikot, memberikan divestasi, dan menjatuhkan sanksi terhadap produk-produk yang terafiliasi Israel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana proses konstruksi sosial konsumen khususnya generasi Z yang berkuliah di Universitas Multimedia Nusantara dalam memaknai aksi pemboikotan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Social Construction Theory yang dikemukakan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann pada tahun 1966. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen yang berfungsi untuk menjembatani antara teori dengan fenomena pemboikotan tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat eksploratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study) dengan sumber menurut Robert K. Yin tahun 2003. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap individu mampu menginterpretasikan suatu makna karena telah melalui proses dialektika yang dikenal dengan eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah realitas pemboikotan dapat diterima atau ditolak oleh individu kelompok masyarakat tertentu yang pengaruhnya bukan hanya melalui agama, melainkan juga dari pemberitaan media serta proses sosialisasi yang didapati dalam lingkungannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Boikot, Generasi Z, Konstruksi Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Feb 2025 11:09
Last Modified: 01 Feb 2025 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36267

Actions (login required)

View Item View Item