Cellyn Natalia, Geovanny (2025) Analisis Data Membership dan Performance Penjualan Kawan Lama Group. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (970kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (9MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
PT Kawan Lama Sejahtera, sebagai bagian dari Kawan Lama Group, menaungi ACE Indonesia dan berbagai unit usaha lainnya di bidang ritel. penempatan dilakukan di tim Master Data Management - Data Analysis Officer, bertugas mengelola data transaksi konsumen yang dihasilkan dari integrasi platform belanja online dan offline melalui aplikasi ruparupa. Selain sebagai pusat transaksi, ruparupa juga menjadi sistem terpadu untuk membership dan reward pelanggan. Dalam program magang ini, memanfaatkan keterampilan analisis data untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data yang strategis bagi perusahaan. Namun, program cohesive yang mengintegrasikan sistem reward dan membership antar-unit bisnis menyebabkan perubahan signifikan pada struktur data perusahaan. Perubahan ini memerlukan penyesuaian sistem dan strategi pengolahan data yang efisien. Tantangan lainnya mencakup volume data yang besar, kompleksitas proses data cleaning, transformasi, hingga analisis, serta keterbatasan sumber daya yang mengolah data untuk berbagai kebutuhan unit bisnis yang memiliki struktur data berbeda. Selain itu, kendala perangkat kerja menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas dalam menyelesaikan tugas. Sebagai solusi, penerapan teknik pengolahan data yang sistematis, seperti pembersihan data, transformasi, dan analisis dengan memanfaatkan alat seperti SQL, Python, dan Tableau. Hasil analisis membantu mengidentifikasi preferensi konsumen dan mendukung strategi bisnis yang lebih efektif. Selain itu, juga berkontribusi dalam membangun budaya berbasis data, meningkatkan kolaborasi tim, dan memberikan wawasan baru bagi perusahaan.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Data Analyst, Pengolahan Data, ruparupa |
Subjects: | ?? T70 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:06 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:06 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37181 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |