Perancangan Buku Edukasi Interaktif sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Resolusi Konflik bagi Siswa Sekolah Dasar

Donita Yvanna, Francisca (2025) Perancangan Buku Edukasi Interaktif sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Resolusi Konflik bagi Siswa Sekolah Dasar. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (637kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (131kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (450kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konflik merupakan komponen tak terpisahkan dalam hubungan antar manusia, termasuk dalam konteks pendidikan di jenjang Sekolah Dasar. Dengan beragam latar belakang budaya dan karakteristik individu, siswa kerap dihadapkan dengan tantangan dalam interaksi yang bisa memicu konflik. Fenomena perkelahian di lingkungan sekolah menunjukkan perlunya kemampuan resolusi konflik sejak dini. Resolusi konflik adalah kemampuan penyelesaian masalah secara damai, dengan meliputi negosiasi, kompromi, dan rasa keadilan. Integrasi pendidikan resolusi konflik dalam mata pelajaran diharapkan dapat membantu siswa menerapkan nilai- nilai perdamaian dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan media konvensional seperti buku pelajaran sering membatasi partisipasi siswa dalam belajar, sehingga kurang dalam pemahaman materi. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menanamkan kemampuan resolusi konflik bagi siswa kelas 4-6 SD dengan menggunakan metode Design Thinking yang berlandaskan pada empati untuk bisa menjawab permasalahan di masyarakat. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang resolusi konflik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Edukasi Interaktif sebagai media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar siswa mampu memahami dan menerapkan konsep resolusi konflik secara efektif dalam kehidupan sehari-hari mereka nantinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Resolusi Konflik, Sekolah Dasar, Edukasi, Media Interaktif, Buku
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:26
Last Modified: 02 Jul 2025 11:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37645

Actions (login required)

View Item View Item