Perancangan Buku Interaktif Tentang Pedoman Pengembangan Self-Awareness Bagi Pendamping Anak Tunanetra Usia Dini

Christine, Clarisa (2025) Perancangan Buku Interaktif Tentang Pedoman Pengembangan Self-Awareness Bagi Pendamping Anak Tunanetra Usia Dini. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (846kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (237kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (364kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)

Abstract

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, terdapat sekitar 4 juta penyandang disabilitas netra di Indonesia (Ramli & Gatra dalam Imran, 2024). Rakhmawati (2018) menyebutkan bahwa kondisi ini berdampak signifikan terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak tunanetra, yang sering kali tidak optimal. Akibatnya, banyak anak tunanetra menghadapi kesulitan dalam membangun kepercayaan diri, baik dalam bersosialisasi maupun beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Musthaq (dalam Tasha Dwilamiisa Putri & Devi Rusli, 2022) menegaskan bahwa tanpa kemampuan untuk mandiri dan bersosialisasi, anak tunanetra cenderung bergantung pada orang lain. Ketergantungan ini dapat menjadi hambatan besar dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Peran pendamping menjadi kunci penting dalam memberikan motivasi dan panduan yang diperlukan untuk melatih kepercayaan diri anak tunanetra. Tanpa dukungan tersebut, mereka akan kesulitan mengatasi rasa ketidakpercayaan diri, yang dapat berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk bersosialisasi dan mengembangkan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-awareness pada anak tunanetra usia dini melalui pendekatan yang dirancang secara khusus, sehingga mereka dapat lebih percaya diri, mandiri, dan mampu mengembangkan potensi diri secara optimal. Dengan fokus pada pendamping, penelitian ini berupaya menciptakan solusi efektif yang dapat mendukung tumbuh kembang anak tunanetra dalam berbagai aspek kehidupannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self-Awareness, Buku Interaktif, Tunanetra
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jul 2025 11:28
Last Modified: 02 Jul 2025 11:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37654

Actions (login required)

View Item View Item