Christine, Clarisa (2025) Perancangan Buku Interaktif Tentang Pedoman Pengembangan Self-Awareness Bagi Pendamping Anak Tunanetra Usia Dini. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (846kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (237kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (364kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (212kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) |
Abstract
Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, terdapat sekitar 4 juta penyandang disabilitas netra di Indonesia (Ramli & Gatra dalam Imran, 2024). Rakhmawati (2018) menyebutkan bahwa kondisi ini berdampak signifikan terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak tunanetra, yang sering kali tidak optimal. Akibatnya, banyak anak tunanetra menghadapi kesulitan dalam membangun kepercayaan diri, baik dalam bersosialisasi maupun beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Musthaq (dalam Tasha Dwilamiisa Putri & Devi Rusli, 2022) menegaskan bahwa tanpa kemampuan untuk mandiri dan bersosialisasi, anak tunanetra cenderung bergantung pada orang lain. Ketergantungan ini dapat menjadi hambatan besar dalam mengembangkan kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan hidup sehari-hari. Peran pendamping menjadi kunci penting dalam memberikan motivasi dan panduan yang diperlukan untuk melatih kepercayaan diri anak tunanetra. Tanpa dukungan tersebut, mereka akan kesulitan mengatasi rasa ketidakpercayaan diri, yang dapat berdampak negatif pada kemampuan mereka untuk bersosialisasi dan mengembangkan potensi diri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-awareness pada anak tunanetra usia dini melalui pendekatan yang dirancang secara khusus, sehingga mereka dapat lebih percaya diri, mandiri, dan mampu mengembangkan potensi diri secara optimal. Dengan fokus pada pendamping, penelitian ini berupaya menciptakan solusi efektif yang dapat mendukung tumbuh kembang anak tunanetra dalam berbagai aspek kehidupannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Self-Awareness, Buku Interaktif, Tunanetra |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 11:28 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 11:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |