Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Price, dan Perceived Quality terhadap Purchase Intention Chery Omoda E5 pada Generasi Z

Steven Fanani, Gregorius (2025) Analisis Pengaruh Brand Image, Perceived Price, dan Perceived Quality terhadap Purchase Intention Chery Omoda E5 pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (466kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (292kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (331kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Industri otomotif Indonesia tengah mengalami transformasi signifikan dengan meningkatnya minat terhadap kendaraan listrik, didorong oleh kesadaran lingkungan, insentif pemerintah, dan perubahan preferensi konsumen muda, khususnya Generasi Z. Berdasarkan data GAIKINDO dan survei Tirto 2023, Gen Z menunjukkan minat tinggi terhadap mobil listrik, sementara penjualan BEV meningkat drastis dari 125 unit pada tahun 2020 menjadi 43.188 unit pata tahun 2024. Meskipun dominasi merek-merek otomotif asal Tiongkok, seperti Chery, Wuling, dan BYD, dalam pasar BEV Indonesia menunjukkan dinamika persaingan yang menarik. Tetapi Chery Omoda E5 berhasil menjadi SUV listrik terlaris. Namun demikian, keberhasilan penjualan belum sepenuhnya mencerminkan keberhasilan dalam membangun citra merek yang kuat. Chery, sebagai merek asal Tiongkok, masih menghadapi tantangan persepsi negatif yang umum melekat pada produk-produk buatan China, seperti kekhawatiran akan kualitas produk dan nilai jual kembali yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli (purchase intention) Generasi Z terhadap mobil listrik Chery Omoda E5, dengan fokus pada variabel brand image, perceived price dan perceived quality. Peneliti menggunakan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) melalui software LISREL 8.80. Dari 133 responden yang dikumpulkan, sebanyak 128 yang lolos tahap screening dan menunjukan bahwa variabel brand image memiliki pengaruh positif terhadap perceived price dan perceived quality, sedangkan variabel perceived price tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Tetapi variabel perceived quality berpengaruh positif terhadap purchase intention pada Chery Omoda E5 di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand image, Perceived Price, Perceived Quality, Purchase Intention, Otomotif, Chery, Chery Omoda E5
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:09
Last Modified: 05 Jul 2025 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37713

Actions (login required)

View Item View Item