Cahyadi Ho, Giovanni (2024) Analisis Pengaruh Consumption Values terhadap Purchase Intention: Telaah pada Aplikasi Pengelolaan Limbah Makanan Surplus Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (8MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (10MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (9MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (21MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (591kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (31MB) |
Abstract
Limbah makanan telah menjadi isu yang global, termasuk di Indonesia. Hal ini diakibatkan sistem dan kesadaran pengelolaan limbah makanan yang kurang baik dan optimal. Perilaku konsumtif pun mempengaruhi masyarakat untuk membeli makanan secara berlebihan, dimana makanan berlebih seringkali dibuang. Sebagian besar limbah makanan merupakan pembuangan makanan sisa (overstock) yang berasal dari rumah tangga dan restoran. Permasalahan ini pun menghadirkan aplikasi zero food waste, seperti Surplus Indonesia, dalam menangani limbah makanan dengan cara menjual kembali makanan berlebih dari restoran. Dalam mendorong minat pengguna untuk menggunakan dan bertransaksi pada aplikasi, penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh antara price value, health consciousness, food safety concern, prestige value, affordances value, dan visibility dengan purchase intention. Penelitian ini didasari dengan theory of consumption values dan menggunakan model regresi berganda. Melalui penyebaran kuesioner dengan Google Form, penelitian ini mendapatkan 135 responden sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dan diolah melalui software IBM Statistic SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa price value, affordances value, dan visibility berpengaruh positif terhadap purchase intention, dimana price value memiliki pengaruh terbesar. Berdasarkan hasil ini, perusahaan dapat meningkatkan kualitas aplikasi dengan memberikan lebih banyak promo, pembaharuan antarmuka, dan mengadakan booth interaktif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Surplus Indonesia, theory of consumption values, purchase intention, limbah makanan, regresi berganda |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37724 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |