Perancangan Kampanye Mengurangi Konsumsi Makanan Pedas untuk Mencegah Dispepsia

Wulandari, Kania (2025) Perancangan Kampanye Mengurangi Konsumsi Makanan Pedas untuk Mencegah Dispepsia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (654kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (394kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (658kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (218kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Konsumsi makanan pedas pada masyarakat Indonesia, khususnya pada kalangan remaja sudah menjadi budaya makan sehari-hari, contohnya seperti sambal dan juga tren makanan pedas yang terus bermunculan. Mengonsumsi makanan pedas yang berlebihan berpotensi memicu gangguan pencernaan seperti sindrom dispepsia. Dispepsia merupakan kondisi pencernaan yang buruk dengan gejala seperti nyeri ulu hati mual, muntah, kembung, dan merasa cepat kenyang. yang dapat mengganggu produktivitas dan membahayakan kesehatan dalam jangka panjang. Akan tetapi, masih terdapat remaja yang mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan meskipun sudah mengetahui risikonya yang dapat menghambat produktivitas. Melihat permasalahan tersebut, penulis hendak merancang sebuah kampanye dengan pendekatan visual dan pesan persuasif pada remaja usia 15-19 tahun untuk meningkatkan pemahaman untuk membatasi frekuensi konsumsi makanan pedas untuk mencegah dispepsia. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode campuran, dengan menggunakan teknik wawancara ahli, kuesioner, studi eksisting, dan studi referensi. Metode perancangan kampanye menggunakan teori Landa (2019) yaitu Five-Phase Model of the Design Process meliputi riset, analisis, konsep, desain, dan implementasi. Hasil dari perancangan berupa kampanye media sosial sebagai upaya mengubah perilaku konsumsi makanan pedas pada remaja untuk mencegah dispepsia.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye Sosial, Makanan Pedas, Dispepsia
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2025 11:22
Last Modified: 05 Jul 2025 11:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37780

Actions (login required)

View Item View Item