Ayu Nadira Setyananda, Dara (2025) Perancangan Buku Aktivitas Pembelajaran Mengenai Unsur dan Prinsip Seni Rupa untuk Anak-Anak di Darts Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (7MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (334kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (4MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (891kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (567kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (576kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) |
![]() |
Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip Download (17MB) |
Abstract
Darts Indonesia merupakan sekolah seni non-formal yang mencakup empat bidang kesenian, yaitu musik, tari, kaya rupa, dan teater. Darts berada di South City Square, Pondok Cabe Udik, Kota Tangerang Selatan yang didirikan oleh Yayasan Dian Didaktika. Latar belakang didirikannya Darts adalah untuk mengembangkan seni dalam menciptakan aliran terbarukan dan gaya dalam bermusik, menari, dan berkarya rupa sehingga dapat menimbulkan kreativitas dan pengalaman baru untuk anak-anak, sehingga dapat memilih minat seni yang berbeda-beda. Faktor tersebut yang membuat Darts memiliki potensi serta inovasi yang berbeda dengan sekolah seni non-formal lainnya. Namun, hingga saat ini, belum ada acuan media pembelajaran yang memadai untuk memberikan pembelajaran materi dasar mengenai unsur dan prinsip seni rupa kepada anak-anak sebagai landasan dasar sebelum membuat karya. Siswa/i dan guru Darts membutuhkan media pelengkap yang dapat memberikan informasi mengenai pembelajaran ilmu dasar seni rupa agar lebih terarah sesuai dengan visi dan misi. Perancangan ini dapat bermanfaat untuk siswa/i dan guru di Darts dalam memberikan edukasi untuk anak-anak dan mengembangkan potensi yang telah dimiliki, serta mengolah rasa dan kepekaan visual seorang anak. Oleh sebab itu, perancangan ini bertujuan untuk memberikan solusi berupa buku aktivitas pembelajaran untuk anak dan guru. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif, yaitu wawancara, Focus Group Discussion, observasi, studi eksisting dan studi referensi. Data yang telah didapat, diolah menggunakan five-phase design model menurut Robin Landa (2018), yaitu Research, Analysis, Concept, Design, dan Implementation. Diharapkan perancangan ini dapat bermanfaat bagi Darts Indonesia, siswa/i, serta guru dalam memberikan edukasi untuk anak-anak melalui media pembelajaran yang terarah dan terpusat pada satu acuan yang sama.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Darts Indonesia, unsur dan prinsip seni rupa, buku aktivitas pembelajaran |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Jul 2025 11:29 |
Last Modified: | 05 Jul 2025 11:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |