Perancangan Identitas Visual Museum Siginjei Kota Jambi

Laurend Rianly, Elsa (2025) Perancangan Identitas Visual Museum Siginjei Kota Jambi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (912kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (161kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Archive (ZIP)
CREATION_FILE.zip

Download (9MB)

Abstract

Museum Siginjei merupakan salah satu museum daerah yang berlokasi di Kota Jambi. Museum ini berisi benda ­ benda bersejarah, peninggalan, dan adat istiadat budaya yang dimiliki oleh Kota Jambi. Akan tetapi, saat ini Museum Siginjei belum memiliki identitas visual yang dapat diterapkan dalam berbagai medianya. Melalui teknik pengumpulan data kualitatif berupa wawancara, kuesioner, studi literatur, studi referensi dan observasi, kebanyakan pengunjung museum belum mengenali museum, dikarenakan tidak adanya wujud identitas visual yang dapat dikenali oleh masyarakat. Selain itu, pada hasil wawancara, ditemukan juga permasalahan pada kategori pengunjung yang belum ditemukannya wisatawan daari luar kota maupun domestik disebabkan oleh minimnya media promosi. Oleh karena itu, Museum Siginjei memerlukan perancangan identitas visual sebagai solusi dari permasalahan, sehingga terbentuk suatu media promosi yang tujuannya agar masyarakat yang merupakan target audiensnya dapat mengenali maupun mengingat pengalaman serta benefit yang diperoleh. Perancangan ini mengacu pada metode dari Alina Wheeler dalam bukunya yang berjudul Designing Brand Identity dengan metode penelitian berupa wawancara, observasi, studi eksisting, studi referensi, dan penyebaran kuesioner. Hasil luaran perancangan ini berupa sistem identitas beserta panduannya dan juga media kolateral dalam bentuk Brand Guidelines.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: identitas visual, museum siginjei, media sosial
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 11:06
Last Modified: 06 Jul 2025 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37865

Actions (login required)

View Item View Item