Perancangan Buku Panduan Digitalisasi Aset Visual untuk Orang Tua Para Penyandang Disabilitas

Ophelia Chavella, Vallerie (2025) Perancangan Buku Panduan Digitalisasi Aset Visual untuk Orang Tua Para Penyandang Disabilitas. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (676kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (233kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Kesetaraan dalam memperoleh pekerjaan yang layak bagi penyandang disabilitas masih menjadi tantangan di Indonesia, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan mental dan intelektual. CIDCO, sebuah UKM berbasis komunitas, berupaya memberdayakan penyandang disabilitas mental dan intelektual melalui bisnis kreatif, namun menghadapi kendala dalam digitalisasi aset visual karena keterbatasan literasi digital orang tua yang menjadi manajer produksi. Media Tutori, sebuah media tutorial digital yang dikembangkan sebelumnya, kurang efektif karena biaya operasional tinggi dan sulit digunakan oleh orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang buku panduan digitalisasi aset visual yang lebih sesuai dengan karakteristik orang tua di UKM CIDCO. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama orang tua dari anak-anak penyandang disabilitas di UKM CIDCO, observasi terhadap karakteristik mereka, serta wawancara dengan ahli desain buku panduan. Teori utama yang digunakan untuk tahap perancangan adalah teori design thinking dari David Kellet & Tim Brown, yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan yang didukung dengan adanya gambar pelengkap, penggunaan bahasa sederhana, serta adanya contoh konkret dalam setiap langkah digitalisasi aset visual lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman orang tua dibandingkan media tutorial digital sebelumnya. Dengan adanya buku panduan ini, para orang tua dapat lebih mandiri dalam melakukan digitalisasi aset visual tanpa ketergantungan pada jasa setting vendor eksternal, sehingga menekan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi UKM CIDCO. Penelitian ini juga mendukung SDG ke-4, Quality Education, dengan menyediakan media pembelajaran yang inklusif dan sesuai dengan kemampuan para orang tua sebagai target pengguna.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Orang tua, disabilitas, buku, aset visual digital
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:10
Last Modified: 06 Jul 2025 13:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37946

Actions (login required)

View Item View Item