Febriani Prasada, Gabriela (2025) Analisis Teori Cognitive Load pada Panduan Paket Buku Fonik Gernas Tastaba untuk Guru SD/MI. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (683kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (615kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (549kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (291kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (304kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Gerakan Nasional Pemberantasan Buta Membaca adalah gerakan untuk membantu mengatasi fenomena buta membaca anak Indonesia. Gerakan ini fokus untuk melatih tenaga pendidik dalam mengajarkan membaca menggunakan metode bernama fonik. Untuk itu, Gernas Tastaba ingin membuat media untuk mengajarkan fonik berupa sebuah paket buku berisikan buku cerita, buku LKS, dan kartu permainan. Namun setelah dirancang, ternyata belum ada media panduan untuk guru mengenai cara penggunaan komponen paket buku fonik. Maka, dibuatlah sebuah buku panduan guru mengenai hal tersebut. Isi buku panduan harus mudah dipahami oleh guru sehingga diperlukan analisis cognitive load terhadap buku panduan untuk mengetahui seberapa mudah informasi dalam panduan tersebut dipahami berdasarkan besar beban kognitifnya terhadap guru. Analisis dimulai dengan pengambilan data kualitatif melalui workshop, studi eksisting dan referensi, serta wawancara. Data yang terkumpul dijadikan landasan perancangan panduan yang kemudian akan dianalisis melalui observasi dan kuesioner menggunakan teori cognitive load oleh Sweller untuk mengetahui beban kognitif yang dirasakan guru ketika membacanya. Hasil penelitian berupa analisis seberapa besar beban kognitif buku panduan. Panduan diharapkan dapat efektif memberi informasi, mudah dipahami, dan sesuai dengan kognitif target audiens yaitu guru.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | panduan, fonik, paket buku fonik, buta membaca, beban kognitif |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:11 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37948 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |