Peran KOL Specialist dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Sales pada PT. Charisse Nature Indonesia

Lina, Lina (2025) Peran KOL Specialist dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Sales pada PT. Charisse Nature Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (762kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (374kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)

Abstract

Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi melalui smartphone dalam mengakses media sosial telah mendorong pertumbuhan berbagai profesi yang berkaitan dengan ekosistem digital. Salah satunya KOL Specialist yang berperan mengelola kolaborasi dengan KOL untuk mendukung strategi pemasaran melalui media sosial. Peran ini sejalan dengan strategi yang diterapkan oleh PT. Charisse Nature Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan berfokus pada perawatan rambut. Perusahaan ini memanfaatkan KOL untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan. Selain itu, PT. Charisse Nature Indonesia juga berkolaborasi dengan affiliator untuk meningkatkan penjualan mereka melalui e-commerce. Sebagai KOL Specialist bertanggung jawab dalam membangun citra merek dan mendorong konversi penjualan melalui kampanye digital bersama KOL dan Affiliator. Dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai kendala seperti kesulitan menemukan KOL kategori khusus, konten tidak sesuai dengan brief, keterlambatan KOL dalam mengunggah konten, kesulitan menyusun brief, menyusun program afiliasi, serta banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu singkat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, berbagai solusi diterapkan seperti melakukan pendekatan dan membangun komunikasi yang efektif, mengingatkan deadline, mencari referensi ide konten di berbagai platform, memanfaatkan tools untuk membangun program affiliasi, dan membuat to-do-list dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Pengalaman tersebut memberikan pemahaman mengenai pentingnya manajemen waktu, komunikasi yang terstruktur serta kreativitas dalam mengelola kampanye digital secara profesional di tengah dinamika industri yang cepat berubah.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Key Opinion Leader, Affiliator, Penjualan, Kesadaran Merek
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:58
Last Modified: 06 Jul 2025 13:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38270

Actions (login required)

View Item View Item