Lina, Lina (2025) Peran KOL Specialist dalam Meningkatkan Brand Awareness dan Sales pada PT. Charisse Nature Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (762kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (374kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi melalui smartphone dalam mengakses media sosial telah mendorong pertumbuhan berbagai profesi yang berkaitan dengan ekosistem digital. Salah satunya KOL Specialist yang berperan mengelola kolaborasi dengan KOL untuk mendukung strategi pemasaran melalui media sosial. Peran ini sejalan dengan strategi yang diterapkan oleh PT. Charisse Nature Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan berfokus pada perawatan rambut. Perusahaan ini memanfaatkan KOL untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan. Selain itu, PT. Charisse Nature Indonesia juga berkolaborasi dengan affiliator untuk meningkatkan penjualan mereka melalui e-commerce. Sebagai KOL Specialist bertanggung jawab dalam membangun citra merek dan mendorong konversi penjualan melalui kampanye digital bersama KOL dan Affiliator. Dalam pelaksanaannya, terdapat berbagai kendala seperti kesulitan menemukan KOL kategori khusus, konten tidak sesuai dengan brief, keterlambatan KOL dalam mengunggah konten, kesulitan menyusun brief, menyusun program afiliasi, serta banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan dalam waktu singkat. Untuk mengatasi tantangan tersebut, berbagai solusi diterapkan seperti melakukan pendekatan dan membangun komunikasi yang efektif, mengingatkan deadline, mencari referensi ide konten di berbagai platform, memanfaatkan tools untuk membangun program affiliasi, dan membuat to-do-list dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu. Pengalaman tersebut memberikan pemahaman mengenai pentingnya manajemen waktu, komunikasi yang terstruktur serta kreativitas dalam mengelola kampanye digital secara profesional di tengah dinamika industri yang cepat berubah.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Key Opinion Leader, Affiliator, Penjualan, Kesadaran Merek |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2025 13:58 |
Last Modified: | 06 Jul 2025 13:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38270 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |