Peran Marketing Budget dalam Perencanaan Anggaran Pemasaran di PT Bank OCBC NISP Tbk

Viriya Dermawan, Kalena (2025) Peran Marketing Budget dalam Perencanaan Anggaran Pemasaran di PT Bank OCBC NISP Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (432kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (214kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (429kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Laporan ini membahas pengalaman magang penulis di PT Bank OCBC NISP Tbk sebagai Marketing Budget Intern selama enam bulan, mulai dari 30 Januari hingga 29 Juli 2025. Tujuan dari program magang ini adalah untuk mengaplikasikan teori manajemen anggaran pemasaran dalam praktek kerja nyata, serta memperluas pemahaman mengenai pengelolaan dan perencanaan anggaran pemasaran di sektor perbankan. Selama proses magang, penulis terlibat dalam berbagai aktivitas, seperti penomoran dokumen anggaran (PPBJ, memo, debit note), pemeriksaan kelengkapan invoice, penyusunan jurnal akuntansi penyesuaian, bekerja sama dengan tim budget untuk monitor anggaran serta koordinasi antar tim. Penulis juga menghadapi beberapa kendala teknis, seperti kesulitan menentukan nomor Internal Order (IO) dan General Ledger (GL) serta validasi dokumen, namun berhasil diatasi dengan inisiatif pribadi dan bimbingan dari supervisor. Melalui pengalaman ini, penulis menyimpulkan bahwa peran marketing budget sangat penting dalam menjamin efisiensi dan efektivitas strategi pemasaran perusahaan. Selain itu, pengelolaan anggaran yang akurat juga menjadi kunci dalam mencapai target bisnis dan menghindari pemborosan sumber daya. Magang ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan keterampilan teknis dan profesional penulis di dunia kerja.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Penganggaran, Anggaran Pemasaran, Magang, Perbankan Peran Marketing Budget ..., Kalena Viriya Dermawan, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 13:58
Last Modified: 06 Jul 2025 13:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38273

Actions (login required)

View Item View Item