Aktivitas Magang sebagai Content Support Intern di Yayasan Benih Baik Indonesia

Nazzala Reyhan, Ghazan (2025) Aktivitas Magang sebagai Content Support Intern di Yayasan Benih Baik Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (273kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (280kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Laporan ini membahas implementasi strategi komunikasi pemasaran digital dalam konteks organisasi nirlaba melalui program magang di Yayasan Benih Baik Indonesia (periode magang dari 20 Januari hingga 30 Mei 2025). Pemilihan perusahaan berdasarkan pertumbuhan signifikan sektor filantropi digital di Indonesia dan pentingnya penerapan prinsip transparansi dalam mengelola donasi publik. Selama magang, penulis menghadapi banyak tantangan, seperti bagaimana beradaptasi dengan karakteristik komunikasi sosial yang berbeda dengan komunikasi komersial, dan kompleksitas copywriting yang dapat membangun kepercayaan donor dan menyampaikan informasi secara akurat tentang penggunaan dana bantuan. Penulis mengatasi kendala tersebut dengan menerapkan strategi pemasaran konten yang sesuai dengan nilai-nilai sosial perusahaan dan melakukan penelitian mendalam terhadap preferensi audiens target. Kegiatan utama yang dilakukan meliputi copywriting untuk update aktivitas penerima bantuan, pembuatan caption untuk konten Instagram Reels, pengembangan push notification dan email marketing, serta kreasi ide konten untuk kebutuhan sosial media perusahaan. Hasil dari penerapan strategi komunikasi digital menunjukkan peningkatan tingkat keterlibatan dan transparansi dalam komunikasi antara yayasan dan donatur. Berdasarkan pengalaman magang ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip-prinsip komunikasi pemasaran dalam konteks pemasaran sosial dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kepercayaan publik dan efektivitas program penggalangan dana organisasi nirlaba, sekaligus membantu mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Content Support, Komunikasi Pemasaran Digital, Copywriting, Organisasi Nirlaba, Social Marketing
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2025 14:07
Last Modified: 06 Jul 2025 14:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38332

Actions (login required)

View Item View Item