Perancangan Buku Ilustrasi Mengelola Emosi Sedih pada Anak

Stephanie Hermawan, Victoria (2025) Perancangan Buku Ilustrasi Mengelola Emosi Sedih pada Anak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (993kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (162kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia, banyak anak yang menghadapi kesulitan dalam mengelola emosi sedih akibat kesepian yang disebabkan oleh keterbatasan waktu orang tua yang sibuk bekerja, sehingga kurang mendapatkan dukungan emosional yang memadai. Kondisi ini dapat menghambat perkembangan emosional anak karena minimnya bimbingan dan pendampingan dalam memahami serta mengelola emosi mereka secara sehat. Anak-anak yang kesulitan dalam mengelola perasaan sedih sering menunjukkan beberapa ciri, seperti menjadi pendiam, murung, mudah marah, suka merusak barang, sulit berinteraksi dengan orang lain, atau bahkan mengalami penurunan motivasi dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk merancang buku ilustrasi sebagai media edukatif yang dapat membantu anak-anak mengelola emosi sedih, termasuk yang timbul akibat kesepian. Penelitian ini mengunakan metode penelitian mix methods, yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai kebutuhan emosional anak-anak. Proses perancangan buku ini menggunakan metode perancangan sesuai dengan yang dijelaskan dalam Book Design karya Andrew Haslam. Hasil akhir dari penelitian ini berupa sebuah buku ilustrasi yang dilengkapi dengan media pendukung lainnya, yang dirancang untuk membantu anak-anak mengekspresikan, memahami, dan mengelola emosi mereka. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ilustrasi dapat berkontribusi dalam proses pembelajaran emosional yang mudah dipahami bagi anak-anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Buku Ilustrasi, Pengelolaan Emosi, Buku Anak
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Jul 2025 11:09
Last Modified: 07 Jul 2025 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38425

Actions (login required)

View Item View Item