Vincent Bunardi, Christfire (2024) Perancangan Environment untuk Memvisualkan Waktu dan Tempat dalam Film Animasi "Heart of Gear". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (117kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (185kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (147kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
Abstract
Waktu dapat mengubah kondisi dari barang dan benda mengalami perubahan, dalam jangka waktu yang lama. Tetapi Animasi memiliki kelebihan untuk menunjukan perubahan tersebut secara spontan dalam perubahan yang terjadi di enviroment sekitar. Ini adalah kasus yang penulis angkat di dalam Animasi Heart of Gear. Penulis mengambil peran sebagain Environment Artist Menggunakan teknik 2D. Dengan menggunakan tema Post apocalypse dan mengikuti tema dari animasi yang dilakukan oleh penulis. Hal tersebut dapat ditunjukan di dalam enviroment yang bertumbuh beriringan dengan pertumbuhan dari karakter utama, menyimbolkan pertumbuhan dan juga berlalunya dunia di dalam setting dunia Post apocalyptic dari Animasi Heart of Gear. Penulis menggunakan tanaman sebagai simbolisme pertumbuhan dan waktu dalam animasi ini, yaitu dengan memvisualkan tumbuhan yang memakan kembali kota dengan perlahan menjadi subur dan hijau. Visualisasi ini contohnya seperti sulur tanaman yang melilit tiang lampu, rerumputan yang menembus aspal dan mengakibatkan retak, ataupun pepohonan besar yang tumbuh tak terurus. Karakter Ily dari animasi Heart of Gear, tumbuh beriringan dengan latar belakang hal tersebut. Simbolisme pertumbuhan tanaman ini dapat menceritakan pertumbuhan Ily dan bagaimana dunia terus berlanjut bahkan ketika manusia hampir punah. Penulis mengambil jobdesk sebagai environment designer yang bertugas untuk dapat mendalami pengertian akan waktu dan tempat serta bagaimana cara memvisualisasikannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Animasi 2D, Apokalis,Desain Environment, Tempat & Waktu, Heart of Gear Perancangan Environment Untuk ... Christfire Vincent Bunardi, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 11:13 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 11:13 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |