Perancangan Media Promosi untuk UMKM Tahnia Dimsum di Kelurahan Medang

Serafina Nugroho, Nancy (2025) Perancangan Media Promosi untuk UMKM Tahnia Dimsum di Kelurahan Medang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (384kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (288kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (278kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Cluster Proyek Desa dilakukan dengan tujuan untuk membantu mengembangkan dan memperluas potensi UMKM di berbagai daerah melalui kerja sama yang dilakukan antara universitas, mahasiswa, dengan masyarakat setempat. Penelitian ini berfokus pada perancangan media promosi untuk UMKM Tahnia Dimsum, sebuah UMKM yang beroperasi di Kelurahan Medang, Kota Tangerang Selatan. UMKM Tahnia Dimsum bergerak di bidang kuliner, UMKM ini menjual produk dimsum dan susu kacang dengan harga yang terjangkau. Namun, Tahnia Dimsum memiliki masalah dalam strategi pemasaran dan promosi digital. Melalui observasi, ditemukan bahwa promosi Tahnia Dimsum masih sangat minim, baik dari segi visual maupun komunikasi. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media promosi yang mampu meningkatkan potensi UMKM. Metode perancangan yang digunakan mengacu pada teori Robin Landa dalam Advertising by Design, yang mencakup tahapan orientasi, analisis, konsepsi, desain, dan implementasi. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas media promosi digital Tahnia Dimsum melalui desain visual dan strategi komunikasi yang dibutuhkan di media sosial. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi dalam membantu UMKM mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik serta meningkatkan pemahaman pelaku terhadap pentingnya promosi yang inovatif agar bisa bersaing di pasar.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Tahnia Dimsum, UMKM, Media Promosi
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jul 2025 13:19
Last Modified: 09 Jul 2025 13:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38577

Actions (login required)

View Item View Item