Perancangan Identitas Visual Nozlicious di Pokdarwis Medang

Anabela Hamsyah, Joseline (2025) Perancangan Identitas Visual Nozlicious di Pokdarwis Medang. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (765kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (366kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (472kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (577kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (349kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Nozlicious merupakan UMKM yang bergerak di bidang kuliner di bawah binaan Pokdarwis Medang. Walaupun telah melakukan berbagai inovasi produk, UMKM ini mengalami penurunan daya beli konsumen. Hal ini disebabkan oleh identitas visual Nozlicious yang tidak konsisten. Padahal identitas visual berperan penting dalam membangun kesan merek yang kuat dan membedakan produk dari kompetitor. Maka dari itu, penelitian ini akan membuat perancangan identitas visual Nozlicious di Pokdarwis Medang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi perancangan dari Alina Wheeler. Pada tahap awal, dilakukan wawancara dengan pemilik Nozlicious dan observasi pada akun Instagram untuk megumpulkan data dan menentukan permasalahan yang dihadapi. Data tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan strategi desain melalui mindmap, keywords, big idea, dan moodboard. Selanjutnya, mulai dilakukan perancangan identitas visual dengan membuat logo, maskot, dan fotografi. Identitas visual yang telah dirancang ini, kemudian diaplikasikan ke berbagai media, seperti supergraphic. kemasan produk, desain menu, desain broadcast Whatsapp, dan template Instagram. Seluruh hasil desain kemudian disatukan ke dalam satu media berupa graphic standard manual. Hasil dari perancangan ini adalah identitas visual Nozlicious yang lebih konsisten dan sesuai dengan karakternya, sehingga dapat memperkuat kesadaran merek, yang pada akhirnya dapat bersaing dan meningkatkan daya beli masyarakat terhadap produknya.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Identitas Visual, Nozlicious, Medang
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 09 Jul 2025 13:26
Last Modified: 09 Jul 2025 13:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/38614

Actions (login required)

View Item View Item